DISTRIBUSI BIAYA KUALITAS YANG SESUAI DENGAN PERUBAHAN KEMATANGAN SISTEM KUALITAS : STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO), Tbk.

BARRIE SETYAWAN, 049816004 (2004) DISTRIBUSI BIAYA KUALITAS YANG SESUAI DENGAN PERUBAHAN KEMATANGAN SISTEM KUALITAS : STUDI KASUS PADA PT. SEMEN GRESIK (PERSERO), Tbk. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
kk A 155.05 Set d.pdf

Download (417kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini mempelajari hubungan antar distribusi biaya kualitas dan kematangan sistem kualitas, dengan obyek penelitian PT. Semen Gresik (Persero). Tbk. Penelitian ini memusatkan perhatian pada sistem kualitas yang diterapkan di perusahaan terse but, dan distribusi biaya kualitas yang terjadi selama 4 peri ode berturutan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan memode single case study, yang lebih mementingkan proses penelitian daripada h2sil penelitian. Strategi analisis yang digunakan adalah mendasarkan desain studi kasus pada proposisi teoritis. Strategi ini dipilih karena penelitian ini hanya menggunakan data yang benar-benar dibutuhkan. Analisis selanjutnya menggunakan straregi penjodohan pola dengan membandingkan pola empiri dengan pola prediksi. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil evaluasi sistem kualitas dan re\"iew distribusi biaya kualitas SG menunjukkan bahwa tidak terdapat program biaya kualitas di SG sehingga pendistribusian masing-masing biaya kualitas tidak dilakukakan secara sitematis, dan memiliki pola yang berbeda dengan pendistribusiaIl teoritis. ~amun secara umum perubahan kematangan sistem kualitas me=r:;e::~2...-.;:·:i distribusi biaya kualitas, dan total biaya kualitas yang ada mem..:..:ljc;.kk:::....1 kecenderungan menurun, yang merupakan indikator dari keberhasi!2...1 ;~0ses perbaikan kualitas. Terjadi kenaikan tingkat kematangan sistem kuali:as ::!; SG :. diperoleh dari penilaian skala 1 -5 atas nilai ex-Ante (peri ode sistem k...:.a!i:.=.s :2..:11 a. sebelurn adanya penggantian stan dar kualitas ISO 9001-2000) dan ex-Pos: (;'C:-iode setelah penerapan standar kualit.ls ISO~9001-2000), yang ditunjukkan oleh skor exPost yang lebih besar daripada skor ex-Ante. Indikator keberhasibn pro~-:lm perbaikan kualitas yang lain ditunjukkan oleh menurunnya persenrase tou] bilya kualitas terhadap ukuran-ukuran seperti nilai penjualan bersih, laba, dan harga pokok penjualan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue > HJ5309-5510 Administrative fees. User charges. License fees
Creators:
CreatorsNIM
BARRIE SETYAWAN, 049816004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Agustia, Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2017 20:04
Last Modified: 06 Mar 2017 20:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54001
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item