DESAIN NANOENKAPSULASI DIMETOKSI AMINO CALKON BERBASIS BOVINE SERUM ALBUMIN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSINYA SEBAGAI SENYAWA ANTI KANKER

SHOFI YASMIN NURAIN, 081211531007 (2016) DESAIN NANOENKAPSULASI DIMETOKSI AMINO CALKON BERBASIS BOVINE SERUM ALBUMIN UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSINYA SEBAGAI SENYAWA ANTI KANKER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
MPK.54-16 Nur d abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
MPK.54-16 Nur d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Enkapsulasi merupakan sebuah proses dimana partikel kecil dikemas dalam sebuah partikel yang lebih besar sehingga membentuk kapsul. Metode tersebut akan digunakan untuk memodifikasi calkon, senyawa anti kanker yang memiliki kelarutan dalam air sangat rendah, dengan menggunakan Bovine Serum Albumin sebagai enkapsulan. Modifikasi senyawa calkon ini dilakukan dengan mencampurkan larutan BSA dalam air dan larutan calkon dalam kloroform kemudian diultrasonikasi. Senyawa hasil sonikasi tersebut disebut produk nanoenkapsulan BSA-calkon. Produk selanjutnya diuji ketahanannya terhadap perubahan pH, penambahan garam dan suhu. Produk kemudian dikarakterisasi menggunakan spektrofotometer UV-Vis, FTIR dan DLS. Proses nanoenkapsulasi dapat dikatakan berhasil dilakukan, ditunjukkan dengan produk nanoenkapsulan BSA-calkon yang dapat larut dalam air. Hasil karakterisasi menggunakan DLS menunjukkan bahwa produk nanoenkapsulan BSA-amino calkon memiliki rata-rata diameter partikel sebesar 457,5 nm dan 201,0 nm untuk produk nanoenkapsulan BSA-dimetoksi amino calkon. Hasil FTIR dari nanoenkapsulan BSA-amino calkon memunculkan serapan gugus amida pada 1639,55 cm-1. Sedangkan pada nanoenkapsulan BSA-dimetoksi amino calkon, gugus amida muncul pada serapan 1635,69 cm-1. Kata kunci : Nanoenkapsulasi, calkon, Bovine Serum Albumin, anti kanker.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.54-16 Nur d
Uncontrolled Keywords: Nanoenkapsulasi, calkon, Bovine Serum Albumin, anti kanker.
Subjects: Q Science > QD Chemistry > QD71-142 Analytical chemistry
R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
SHOFI YASMIN NURAIN, 081211531007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Zakki Fahmi, S.Si, M.Si, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorHery Suwito, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Mar 2017 19:19
Last Modified: 08 Mar 2017 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54153
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item