EFEKTIVITAS PENERAPAN PRINSIP 5C DALAM PROSES ANALISIS KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA

BAGUS SUKMANA PUTRA, 041310413042 (2016) EFEKTIVITAS PENERAPAN PRINSIP 5C DALAM PROSES ANALISIS KREDIT PEMILIKAN RUMAH PADA BANK TABUNGAN NEGARA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. ABSTRAK FV PBK 41-16 Put e.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2. FULLTEXT FV PBK 41-16 Put e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada Bank Tabungan Negara dalam melakukan analisis kredit menggunakan prinsip 5C yang terdiri dari character, capacity, capital, collateral, dan condition of economy. Namun dari prinsip 5C tersebut yang digunakan secara keseluruhan hanyalah 3 yaitu character, collateral, capacity. Character adalah penilaian bank atas watak, perilaku, dan kemauan membayar angsuran kredit. Capacity adalah penilaian bank atas kemampuan nasabah membayar angsuran kredit. Collateral adalah asset milik nasabah yang dijadikan jaminan atas kredit tersebut, dalam Kredit Kepemilikan Rumah biasanya yang dijadikan agunan adalah rumah yang dibeli melalui Kredit Kepemilikan Rumah tersebut. Penilaian aspek Capital tidak digunakan dalam analisis Kredit Kepemilikan Rumah karena pada aspek capital dilakukan analisis laporan keuangan nasabah yang nantinya akan ditentukan besar kebutuhan kreditnya. Sementara pada Kredit Kepemilikan Rumah nasabah hanya membeli rumah yang tidak perlu dilakukan analisis laporan keuangannya. Penerapan prinsip 5C pada proses analisis kredit kepemilikan rumah pada Bank Tabungan Negara sangatlah efektif, hal ini dapat dilihat dari perkembangan angka non performin loan pada Bank Tabungan Negara tersebut yang semakin menurun. Pada Bank Tabungan Negara sangatlah menekankan pada aspek character yang diperoleh dari analisis data BI Checking. Penekanan pada character ini dikarenakan Bank Tabungan Negara menyadari bahwa prinsip utama dari kredit adalah kepercayaan, maka dari itu apabila pada prinsip 5C lainnya selain character tersebut terdapat kekurangan namun bila nasabah sudah mendapat kepercayaan dari bank karena riwayat kredit yang baik, maka Bank Tabungan Negara menyampingkan prinsip lainnya dalam analisis penerimaan kredit nasabah tersebut.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV PBK 41/16 Put e
Uncontrolled Keywords: KREDIT PEMILIKAN RUMAH; BANK TABUNGAN NEGARA
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Manajemen Perbankan
Creators:
CreatorsNIM
BAGUS SUKMANA PUTRA, 041310413042UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNovyandri Taufik Bhatera, SE.,MScUNSPECIFIED
Depositing User: sugiati
Date Deposited: 16 Mar 2017 18:19
Last Modified: 16 Mar 2017 18:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/54679
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item