MAULANA DIMAS SUTRISNO, 071211632005
(2017)
PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN LITERASI DINI.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Pendidikan literasi khususnya kepada anak usia dini menjadi aspek yang
perlu dikembangkan untuk membentuk kemampuan awal dalam membaca dan
menulis. Metode pendidikan literasi dini pada anak usia dini diterapkan dengan
menggunakan berbagai macam cara dimana salah satunya dengan menggunakan
media sebagai perantara untuk mempermudahkan proses pembelajaran. Diketahui
sekolah-sekolah khusus anak usia dini atau dikenal dengan Taman Kanak-kanak
menggunakan media permainan pada pembelajarannya, dimana pendidikan
literasi dini juga masuk sebagai pembelajaran pada anak TK. Mayoritas anak-anak
lebih tertarik menggunakan media permainan ketika sedang belajar. Fenomena
tersebutlah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui apakah media
permainan dapat membangun literasi dini pada anak usia dini. Peneliti
menggunakan konsep Jean Piaget untuk menggambarkan proses pembelajaran
pada anak usia dini dimana anak belajar menggunakan dan merepresentasikan
objek dengan gambaran dan kata-kata, dalam hal ini pembelajaran dapat dengan
mudah dilakukan jika menggunakan media permainan, serta media tersebut dapat
meningkatkan kemampuan-kemampuan dalam literasi anak usia dini. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, lokasi penelitian yaitu di TK Kota
Surabaya. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random
sampling dengan jumlah sample sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini
menunjukkan hampir semua media permainan yang terdapat di sekolah digunakan
dalam pembelajaran literasi dini. Seperti media puzzle, boneka tangan, block logic
dan masih banyak lagi. Media permainan tersebut membangun komponen pada
literasi dini dimana salah satu media yaitu papan flannel mendukung print
motivation, vocabulary, phonological awareness, narrative skill,dan letter
knowledge.
Actions (login required)
|
View Item |