STRUKTUR DAN PERGERAKAN PENCERITAAN CERITA FANTASTIK NOVEL CANTIK ITU LUKA, LELAKI HARIMAU, DAN SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS KARYA EKA KURNIAWAN

Yulis Majidatul Choiriah, 121211133034 (2016) STRUKTUR DAN PERGERAKAN PENCERITAAN CERITA FANTASTIK NOVEL CANTIK ITU LUKA, LELAKI HARIMAU, DAN SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS KARYA EKA KURNIAWAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FS. BI. 61-16 Cho s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pergerakan Penceritaan Cerita Fantastik Novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan”. Penelitian ini bertujuan (1) mengungkap struktur cerita fantastik pada novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas Karya Eka Kurniawan, dan (2) mengungkap pergerakan dan makna cerita fantastik pada novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan. Penelitian ini menggunaakan metode deskriptif kualintatif dengan menggunakan teknik studi pustaka dalam memperoleh data. Penelitian ini memanfaatkan teori naratologi Tzvetan Todorrov. Teori naratologi di sini dimanfaatkan untuk mengungkap struktur cerita fantastik pada novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas berupa strutur cerita dan penceritaan (alur), relasi tokoh, motif dan tema, dekor realis. Selanjutnya, dari analisis struktur cerita fantastik akan diketahui jenis dan genre cerita fantastik pada ketiga novel melalui motif dan tema cerita fantastik yang digunakan dalam novel. Penemuan mengenai jenis dan genre cerita fantastik pada ketiga novel akan mengarahkan pada bentuk pergerakan penceritaan cerita fantastik pada novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan. Dengan penelitian ini, hasil yang diperoleh adalah struktur fantastik dalam Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan yang menemukan bentuk penceritaan novel yang mengarahkan pada jenis dan genre cerita fantastik. Struktur penceritaan cerita fantastik yang digunakan pada ketiga novel merupakan representasi perkembangan teknik kepenulisan Eka Kurniawan. Kerumitan yang ada pada novel bukan hanya karena disebabkan alur, melainkan struktur cerita fantastik lainnya (relasi tokoh, dekor realis, motif dan tema) juga memungkinkan dalam membangun novel yang memiliki struktur yang rumit. Jenis dan genre cerita fantastik yang digunakan dalam ketiga novel disesuaikan dengan muatan yang ada di dalam novel. Pergerakan penceritaan cerita fantastik novel Cantik Itu Luka, Lelaki Harimau, dan Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas karya Eka Kurniawan menunjukkan refleksi bagaimana tingkat kepercayaan masyarakat terhadap peristiwa utopis: ajaib, mistis, mitos, supranatural.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 61-16 Cho s
Uncontrolled Keywords: Novel, struktur, cerita fantastik
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1-6790 Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Yulis Majidatul Choiriah, 121211133034UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBramantio, S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 22 Mar 2017 20:41
Last Modified: 22 Mar 2017 20:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55236
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item