LISA INDRIATI, 041414353042
(2017)
PEMBENTUKAN BRAND ENGAGEMENT PADA PELANGGAN TELKOMSEL DAN INDOSAT MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK, TWITTER DAN INSTAGRAM.
Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
Bagi merek-merek besar yang sudah selesai dengan masalah awareness pada
akun media sosial mereka, maka selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengelola
engagement yang ada antara merek dengan konsumen. Engagement yang sebenarnya
dapat terjadi melalui pola percakapan, bukan sebatas jumlah post, likes dan follower
saja. Brand engagement didefinisikan sebagai tingkatan dari motivasi individu
seorang konsumen, yang berhubungan dengan merek dan pemikiran yang bergantung
pada konteks dikarakteristikan oleh tahapan spesifik yaitu kognitif, emosional dan
perilaku yang berinteraksi langsung dengan merek (Hollebeek, 2011). Penelitian ini
bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai interaksi merek dengan pengguna
media sosial dalam membangun brand engagement pada perusahaan operator
telekomunikasi besar di Indonesia yaitu Telkomsel dan Indosat pada Facebook,
Twitter dan Instagram. Menggunakan metode content analysis dengan pendekatan
eksploratif, data-data yang berhasil dicapture selama periode April – Juni 2016
dianalisis dengan menggunakan thematic analysis sehingga didapatkan insight
mengenai media sosial mana yang paling dapat memunculkan brand engagement
diantara kedua merek.
Actions (login required)
|
View Item |