WAFA’ OKBAH, 041211433082
(2016)
STRATEGI PRODUK PEMBIAYAAN UNIT USAHA SYARIAH BANK JATIM DALAM MENINGKATKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Strategi Produk Pembiayaan Unit Usaha Syariah Bank Jatim dalam
Meingkatkan Keunggulan Kompetitif.
ISI: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemlihan startegi produk
pembiayaan Unit Usaha Syariah Bank Jatim dalam meningkatkan keunggulan
kompetitif. Metode penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif studi kasus
dengan menggunakan teknik analisis pencocokan data.
Hasil penelitian ini adalah dapat menggunakan empat strategi yang
terdapat dalam analisis SWOT. Pertama, strategi yang memanfaatkan kekuatan
untuk meraih peluang, meliputi: Bank Jatim Syariah dapat memperbanyak
nasabah dengan cara meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat dengan
menonjolkan kesyariatan Islamnya dan dengan meningkatkan pendanaan dana
untuk progam pembiayaan linkage BPRS serta membangun situs. Kedua, strategi
yang memanfaatkan peluang dengan mengurangi kelemahan, meliputi:
memperkenalkan produk yang ada ke kelompok yang baru dan Bank Jatim
Syariah harus meningkatkan iklan yang gencar. Ketiga, strategi mengggunakan
kekuatan untuk menghadapi ancaman, meliputi: membentuk staff supporting
group,mengevaluasi produk pembiayaan yang ada, menerapkan cara pelaksanaan
yang lebih Islami dalam setiap aktivitas perbankan serta menambah kantor
cabang baru. Dan keempat strategi yang memperkecil kelemahan untuk
menghadapi ancaman, meliputi:Bank Jatim Syariah harus merubah mindset tidak
hanya menggunakan pendekatan top-down saja tapi menggunakan pendekatan
kombinasi, membuat produk pembiayaan baru yang lebih inovatif, mencari
sumber dana baru dengan cara mengakuisisi bank lain, dan menerapkan teknologi
secara optimal untuk menunjang seluruh produk pembiayaan.
KATA KUNCI: Strategi Produk, Pembiayaan, Keunggulan Kompetitif,
Bank Jatim Syariah.
Actions (login required)
|
View Item |