PEMODELAN BOD DAN COD DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON PADA DATA LONGITUDINAL BERDASARKAN ESTIMATOR POLINOMIAL LOKAL (STUDI KASUS: DAERAH AIR MENGALIR SUNGAI SURABAYA SEBAGAI BAHAN BAKU AIR PDAM)

PUTRI PANGESTIKA ANASTITI, 081211832018 (2016) PEMODELAN BOD DAN COD DENGAN PENDEKATAN REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON PADA DATA LONGITUDINAL BERDASARKAN ESTIMATOR POLINOMIAL LOKAL (STUDI KASUS: DAERAH AIR MENGALIR SUNGAI SURABAYA SEBAGAI BAHAN BAKU AIR PDAM). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKC KK ST.S 53 -16 Ana p-Abstrak.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S 53 -16 Ana p.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fungsi Sungai Surabaya adalah sebagai penyedia air bersih, komunikasi, dan sebagai konservasi alam. Disamping itu, fungsi fital Sungai Surabaya pada kota Surabaya sebagai bahan baku air PDAM Surabaya. Peranannya sebagai tempat penampungan limbah industri dan limbah domestik menyebabkan penurunan kualitas air di bagian hilir Sungai Surabaya. Pada tahun 2015 sebanyak 62% pencemaran sungai di Surabaya diakibatkan oleh limbah domestik rumah tangga, sedangkan 38% sisanya limbah industri dan limbah lainnya. Beberapa variabel kualitas air yang digunakan dalam menentukan tercemarnya sungai, sesuai dengan peraturan Dewan Pemerintahan Jawa Timur nomor 2 tahun 2002, yaitu antara lain Dissolve Oxygen (DO), Chemical Oxygen Demand (COD), dan Biochemical Oxygen Demand (BOD). BOD dan COD merupakan variabel kualitas air yang juga dapat dipantau dari kadar DO yang ada di aliran sungai. Skripsi ini menggunakan regresi nonparametrik birespon pada data longitudinal berdasarkan estimator polinomial lokal. Skripsi ini menggunakan 8 subjek Daerah Air Mengalir yaitu, Dam Canggu bridge, Dam Perning bridge, Dam Jrebeng bridge, Dam Cangkir Tambangan, Dam Bambe Tambangan, Dam Jembatan Sepanjang, Dam Gunungsari, dan Dam Jagir. Setiap subyek memiliki 12 observasi yang diteliti dari Januari sampai Desember 2015. Model terbaik dengan menggunakan estimator polinomial lokal dengan orde pada BOD yaitu satu dan COD yaitu dua. Hasil estimasi menjelaskan bahwa. Ketika DO menurun maka BOD dan COD akan meningkat hal ini berarti ekosistem yang ada di sungai menjadi tidak sehat. Pada Dam Jagir observasi BOD dan COD menjauhi kurva estimasi, hal ini disebabkan karena Jagir merupakan bagian hilir dari Sungai Surabaya yang menjadi tempat penumpukan limbah yang berasal dari hulu sungai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 53-16 Ana p
Uncontrolled Keywords: Surabaya River, Biresponse, Longitudinal Data, Polynomial Local, Dissolve Oxygen (DO), Biochemical Oxygen Demand (BOD), Chemical Oxygen Demand (COD)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA273-280 Probabilities. Mathematical statistics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
PUTRI PANGESTIKA ANASTITI, 081211832018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEko Tjahjono, Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 04 Apr 2017 23:11
Last Modified: 04 Apr 2017 23:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/55926
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item