WASISTOMO, 049113777
(1995)
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP HOTEL KARTIKA CHANDRA JAKARTA.
Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Abstract
DKI Jakarta merupakan salah satu pintu masuk bagi wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. Mereka datang ke Indonesia deng~n mempunyai berbagai motivasi yaitu berlibur, bisnis~ pendidikan dan lain-lain. Sela:in adanya berbagai motivasi tersebut, posisi Jakarta sebagai pusat pemerintahan dan pusat perekonomian Indonesia' membuat Jakarta selalu 'ramai oh~h kunjungan wisatawan mancanegara dan wisatawan
,nu~antara 'dan jumlahwisatawan baik mancanegara maupun' domestik yang mengunjungi Jakarta selalu bertambah setiap tahun.
Selama tinggal di Jakarta, bagi wisatawan yang tidak mempunyai kerabat atau kenalan akan menginap di hotel,baik berbintang maupun non bintang. Sejak tahun 1991 hingga 1994 jumlah' hotel berbintang. (sesuai
'dengan penelitian penulis) selalu bertambah jumlahnya, baik jumlah hotel dan jumlah ,kamar" Akibat dari pertambahan ini adalah menurunnya tingkat 'hunian kamar rata-rata bagi industri perhotelan.
Salah satu hotel berbintang empat· yang. ada, di Jakartaadalah HQtel Kartika Chandra. Hotel ini berdiri sejak 1969, dan diresmikan oleh Ibu Tien Soehartosejak 20 Januari 1971. Akibat dari tenis bertambahnya jumlah hotel
dan ,kamar hotel, .Hotel Kartika Chandra mengalami penurunan tingkat hunian kamar rata-rata. Untuk itu diadakan penelitian dari penulis apakah persepsi konsumen telah sesuai dengan .harapan mereka dalam memilih hoteL.
Penelitian dilaksanakan denganpenyebaran lruesioner kepada tamu Hotel Ka~ika Chandra. Metode pengambilan sampel yaitu purposive random sampling,dimana kriteriaresponden telah ditentukan sebelumnya yaitu
konsumen yang . menginapdi hotel, ini dengan tujuan bisnis; dan semua konsumen mempunyai peluang yang sama. untuk menjadi sampeL Alat uji yang". digunakan adalah Tes Ranking Berganda Wilcoxon' untuk .Data Berpasangat) melalui program komputer SPSS.
Dari .hasil dari penelitian: dapat diketahui bahwa dari sebelas atribut yang diuji kesamaannya antara persepsi dan harapan dapat disimpulkan bahwa atribut ruang lobby, pelayanan karyawan, !astlttas htburan, lokast
hotel, dan tari! telah memenuhi harapan konsumen. Sementara reputas; hotel, ruangan kamar, makanan dan minuman, !asilitas bisnis, !asilitas olah raga dan periklanan belum memenuhi harapan konsumen. Dari penelitian ini dapat dikatakan bahwa hotel Kartika Chandra mengalami penurunan tingkat hunian kamar rata·rata sebenamya bukan karena jeleknya atribut hotel, tetapi ada faktor·faktor lain yang tidak tercakup da1am pene1itian ini. Dan untuk mendapatkan hasi1 yang lebih mendalam serta 1ebih terperinci, perlu kiranya dilaksanakan pene1itian 1anjutan oleh pihak lain.
Actions (login required)
|
View Item |