ORGANISASI PERKUMPULAN PEMUDA SURABAYA: HUA CHIO TSING NIEN HUI (HCTNH) TAHUN 1930-1942

SILVY YUNIARTI, NIM 121014023 (2016) ORGANISASI PERKUMPULAN PEMUDA SURABAYA: HUA CHIO TSING NIEN HUI (HCTNH) TAHUN 1930-1942. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FS Sej 45_16 Yun o ABSTRAK.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FS Sej 45_16 Yun o.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan karya tulis ini mengambil tema berdirinya organisasi perkumpulan pemudaetnis Tionghoa yang terbentuk sebagai akibat produk gerakan nasionalisme Tiongkok setelah berdirinya THHK ini adalah organisasi Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH) Surabaya tahun 1930-1942. Fokus pembahasannya adalah dibentuknya HCTNH bertujuan untuk menggalang persatuan dan kesatuan seluruh pemuda Tionghoa yang tinggal di Indonesia. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai dengan berdirinya perkumpulan iniadalah untuk menanamkan rasa kebangsaan dan semangat nasionalisme Tiongkok kepada pemuda-pemuda Tionghoa di Indonesia.Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan metode heuristik, yakni mengumpulkan data yang berasal dari dokumen arsip, koran, dan majalah. Disamping itu, juga melakukan kritik terhadap sumber baik intern maupun ekstern, baik primer maupun sekunder. Demikian halnya masalah intepretasi dan historiografi tetap diperhatikan. Penelitian ini berupaya mengkaji organisasi perkumpulan pemuda etnis Tionghoa Hua Chiao Tsing Nien Hui (HCTNH) mulai awal berdirinya hingga kedatangan Jepang yang memiliki kebijakan membubarkan organisasi kepemudaan termasuk HCTNH. Gerakan Tiongkok Raya dengan munculnya organisasi-organisasi, perkumpulan pemuda Tionghoa di Indonesia yang sifatnya pergerakan untuk mendapatkan persamaan hak, eksistensi, serta menunjukkan identitas etnis Tionghoa sehingga tumbuh dan berkembangnya rasa kebangsaan nasionalisme Tionghoa sebagai imbas dari tindakan diskriminatif pemerintah kolonial Hindia Belanda.Pembentukan organisasi perkumpulan pemuda Tionghoa peranakan tersebut dilhami oleh murid-murid serta para alumni sekolah THHK yang bertujuan untuk memperkuat identitas ke-Tionghoaan melalui kegiatan sosial, budaya, pendidikan, dan olahraga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS Sej 45/16 Yun o
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM786-806 Organizational sociology. Organization theory
Creators:
CreatorsNIM
SILVY YUNIARTI, NIM 121014023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantShinta Devi Ika Santhi Rahayu, S.S., M.A.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 20 Apr 2017 18:01
Last Modified: 20 Apr 2017 18:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/56714
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item