PENGARUH PENAMBAHAN BEESWAX SEBAGAI PLASTICIZER TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK EDIBLE FILM KITOSAN

SABRINA DHIMAS PUTRI NABILA, 141211133091 (2016) PENGARUH PENAMBAHAN BEESWAX SEBAGAI PLASTICIZER TERHADAP KARAKTERISTIK FISIK EDIBLE FILM KITOSAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
PK.BP 78-16 Nab p ABSTRAK.pdf

Download (134kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP 78-16 Nab p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perkembangan teknologi pangan yang pesat menimbulkan berbagai produk pangan yang baru yang memerlukan kemasan dalam proses distribusi dan pemasarannya.Pengemas berbahan plastik mempunyai dampak yang tidak baik bagi lingkungan diantaranya merusak lingkungan karena sulit dihancurkan secara alami. Edible film dapat digunakan sebagai pengganti plastik yang terbuat dari bahan – bahan organik dan memiliki sifat mekanik yang baik. Salah satu sumber daya yang potensial untuk dijadikan bahan dasar edible film yaitu kitosan yang berasal dari limbah industri pengolahan udang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui film berbahan dasar kitosan dengan beeswax sebagai plasticizer dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan edible film serta mengetahui pengaruh penambahan plasticizer beeswax terhadap karakteristik fisik edible film kitosan. Pengujian karakteristik fisik edible film meliputi ketebalan, kuat tarik, dan persen pemanjangan. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari enam perlakuan dan empat ulangan. Perlakuan dalam penelitian ini adalah penambahan konsentrasi beeswax yang berbeda yakni 0%, 1%, 2%, 3%, 4%, dan 5%. Analisis data menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) dilanjutkan Uji Jarak Berganda Duncan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kitosan dan plasticizer beeswax dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan edible film.Beeswax sebagai plasticizer memberikan pengaruh terhadap karakteristik fisik edible film kitosan. Nilai ketebalan pada edible film yang terbentuk bekisar antara 0,012-0,36 mm, kuat tarik antara 13,72-47,53kgf/cm2 dan persen pemanjangan antara 3,34-7,44%. Peningkatan konsentrasi plasticizer beeswax menurunkan kuat tarik namun disisi lain dapat meningkatkan nilai ketebalan dan nilai persen pemanjangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP 78/16 Nab p
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3840-4375 Regulation of industry, trade, and commerce. Occupational law > K3926-3935 Food processing industries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
SABRINA DHIMAS PUTRI NABILA, 141211133091UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 03 May 2017 02:00
Last Modified: 03 May 2017 02:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57040
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item