Mochamad Badowi (2015) Penerapan Strategi Pembentukan Luxury Brand Pada Industri Kreatif Bidang Fashion Batik. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (261kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (165kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf Download (167kB) |
|
Text (PENDAHULUAN)
4. BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (190kB) |
|
Text (TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2023. Download (245kB) | Request a copy |
|
Text (METODE PENELITIAN)
6. BAB 3 METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2023. Download (192kB) | Request a copy |
|
Text (ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN)
7. BAB 4 ANALISA DATA DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2023. Download (621kB) | Request a copy |
|
Text (SIMPULAN)
8. BAB 5 SIMPULAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2023. Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (201kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 7 May 2023. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ekonomi kreatif merupakan salah satu sektor perekonomian dengan potensi pertumbuhan yang besar (7% PDB Indonesia). Subsektor ekonomi kreatif yang memiliki aggressive expansion dan domestic market and abroad adalah fashion. Penilaian dilakukan berdasarkan pada share (28,71%) dan growth (6,43%). Kondisi tersebut dipengaruhi oleh market demand dan kreatifitas perusahaan dalam meningkatkan value. Penulis menggunakan perusahaan fashion batik sebagai objek penelitian. Pemilihan objek didasarkan pada perkembangan industri batik yang terus meningkat setelah adanya pengakuan UNESCO sebagai masterpiece of the oral and intangible heritage of humanity. Fokus penelitian membahas mengenai strategi yang digunakan oleh perusahaan batik dalam menciptakan luxury brand. Hal tersebut dipilih berdasarkan market demand terhadap produk merek mewah yang meningkat karena bertambahnya jumlah masyarakat middle income di Indonesia. Kerangka pemikiran yang digunakan dalam mengkaji proses luxury brand yaitu berdasarkan the five major element of strategy, karena dapat diperoleh pembahasan secara komprehensif.Penulis menggunakan metode kualitatif berdasarkan multiple cases study dari Eisenhardt melalui observasi, dan individual dept interview. Analisis data berdasarkan prosedur yang dikembangkan oleh Gioia dkk. (2010), Nag dan Gioia (2012), serta Strauss dan Corbin (1990). Penelitian memperoleh hasil strategi yang digunakan dalam menciptakan luxury brand pada perusahan batik. Strategi tersebut dikembangkan kedalam lima kategori. Pertama, step yang terdiri dari expansion step (penjualan ke luar negeri, dan meningkatkan laju perusahaan), dan initiatives step (endorser, mendapatkan konsumen baru, reputasi, dan target). Kedua, treatment of uniqueness yang terdiri dari luxury brand image (membangun premium image, brand experience, media membangun persepsi, membangun exclusive image, dan history/ story), consumer style (metode customization, dan menjaga keunikan), price calculation (pricing, dan diskon), characteristic (menentukan style, konsistensi style, pesaing, dan mass product), quality (standar kualitas, mempertahankan reliabilitas, dan membuat premium product). Ketiga, action yang terdiri dari product class (menentukan kategori, dan edukasi pasar), consumer solution (memilih konsumen, dan meyakinkan konsumen), region (kontrol distribusi, dan tempat penjualan), technology (teknologi, packaging, dan kontrol distribusi), dan expressing value (komunikasi prestige value, dan menyampaikan pleasure). Keempat, rational yang terdiri dari cost efficiency (skala ekonomi, dan pajak), dan premium attribute (pleasure purchase, logo, dan psychological value). Kelima, speed of action yang terdiri dari process of development (jiwa kreatif, brand architecture, meningkatkan kualitas, dan internal development).
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 356/15 Bad p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | STRATEGIC PLANNING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Deby Felnia | ||||||
Date Deposited: | 18 Nov 2015 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 May 2020 06:17 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5727 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |