PEMANFAATAN TEPUNG DAUN BELUNTAS (Pluchea Indica (L.) Less) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT AYAM PEDAGING JANTAN

Astiningtyas, 069712403 (2003) PEMANFAATAN TEPUNG DAUN BELUNTAS (Pluchea Indica (L.) Less) DALAM PAKAN KOMERSIAL TERHADAP PERTAMBAHAN BERAT AYAM PEDAGING JANTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KK KH 67-04 AST P.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi tentang manfaat daun beluntas dalam ransum terhadap pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan ayam pedaging jantan. Sejumlah 24 ekor ayam pedaging jantan berumur dua minggu sebagai hewan percobaan dalam penelitian ini. Selama tiga minggu percobaan, ayam pedaging jantan tersebut diberi pakan komersial dengan kadar protein berkisar 2] % untuk fase starter dan 19% untuk fase finisher Perlakuan yang diberikan berupa penambahan tepung daun beluntas dalam pakan komersial dengan tingkat yang berbeda yaitu 0%, 3%, 6% dan 9%. Pengamatan dalam penelitian ini dilakukan terhadap pertambahan berat badan, konsumsi dan konversi pakan. Rancangan Percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap yang terbagi dalam 4 perlak'Uan dengan 6 ulangan. Data dianalisis menggunakan Analisis Sidik Ragam dengan uji F dan dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun be1untas tingkat 6% dalam pakan komersial memberikan manfaat yang nyata terhadap pertambahan berat badan dan konsumsi pakan (p<0,05), sedangkan perlakuan penambahan tepung daun beluntas tingkat 3% dapat menurunkan angka konversi pakan yang tidak berbeda nyata dengan perlakuan penambahan tepung daun beluntas tingkat 6% (p>0,05)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK KH 67/04 Ast p
Uncontrolled Keywords: POULTRY; ANIMAL FOOD
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF481-507 Poultry. Eggs
T Technology > TS Manufactures > TS2284-2288 Animal feeds and feed mills. Pet food industry
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Astiningtyas, 069712403UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerman Setyono, Drh., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 May 2017 16:07
Last Modified: 30 May 2017 16:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/57747
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item