ARNAWATI
(2001)
PERANAN PRESS RELEASE DALAM MENUNJANG PEMASARAN DI HOTEL (Studi Deslaiptif Tentang Upaya PR Dalam Mengoptimalkan Press Release Sebagai Sarana Untuk Menginformasikan Kegiatan dan Produk Di Hotel Patra Surabaya Hilton International Surabaya).
Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Public Relations merupakan salah satu unsur dari marketing mix yang
berfungsi untuk memperlancar dan menunjang program dan perencanaan dari
pihak pemasaran. Public Relations sebagai salah satu unsur yang berfungsi untuk
mempublikasikan kegiatan dan produk hotel, salah satu sarana publikasi tersebut
adalah Press Release. PR Hotel Hilton lebih memilih press release sebagai sarana
publikasi karena press release tidak memerlukan biaya atau gratis. Penelitian ini
menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi penelitian di
Patra Surabaya Hilton International Hotel. Dimana informannya antara lain adalah
Public Relations Executive, Director of Sales, FB Manager, wartawan atau editor
surat kabar yang sering dikirimi release oleh PR Hotel Hilton, serta pelanggan dan
calon konsumen pengguna produk hotel. Peneliti melakukan pengamatan secara
langsung terhadap aktivitas PR dalam menulis dan mengirim press release, tetapi
peneliti tidak ikut berperan secara aktif dalam kegiatan PR, dalam artian hanya
melakukan fungsi pengamatan. Dalam penelitian ini penehti menggunakan bahan
dokumen, yaitu press release sebelum dan sesudah dimuat oleh surat kabar dan
beberapa dokumen lain yang mendukung penelitian.
Dalam penentuan tema untuk release PR Hilton lebih dulu melihat produk
apa yang ingin dijual kepada publiknya dan juga kegiatan apa yang ada dihotel
yang apabila diberitakan akan menimbulkan citra yang baik mengenai hotel di
masyarakat sehingga mendapatkan simpati dari publik. Untuk pemilihan tema
release PR hotel Hilton lebih sering menggunakan tema produk sebagai tema
releasenya. Dalam penentuan tema release PR Hotel Hilton tidak selalu
memperhatikan trend news atau apa yang menjadi trend berita pada saat itu.
Untuk penulisan release PR Hotel Hilton mempunyai guidance sendiri yang
sudah ditetapkan oleh manajemen Hotel Hilton yang disesuaikan dengan karakter
masing-masing media yang akan dikirimi release. Upaya agar release dimuat
dilakukan dengan menulis berita dengan format yang bagus, selalu menjaga
hubungan baik dengan pihak media massa, dan mengantarkan release tersebut
secara langsung kesurat kabar yang bersangkutan. Setelah release yang dikirimkan
sudah dimuat, PR mengadakan evaluasi terhadap release tersebut. Hal -hal yang
dievaluasi antara lain berapa jumlah media yang memuat release, kadar kesalahan
penulisan, macam ulasan dan pengulangan.
Upaya-upaya PR dalam mengoptimalkan Press Release sebagai sarana
untuk menginformasikan produk dan kegiatan hotel antara lain yaitu dengan
selalu melakukan evaluasi terhadap release yang dimuat dan memperhatikan
segala masukan atau umpan balik terhadap release tersebut, selalu melibatkan
pers dalam setiap acara-acara yang dilaksanakan oleh hotel, tidak berhenti
membina hubungan dengan pihak pers, memperluas jangkauan release dengan
menambah jumlah surat kabar yang dikirimi release, selalu mengirimkan release
mengenai acara-acara yang diadakan dihotel dengan format penulisan dan berita
yang menarik.
Actions (login required)
|
View Item |