SRI SURTIATI, 049510220M
(1997)
KAJIAN STRATEGI PADA PENERBIT PT GRAMEDIA PUSTAKA UTAMA PERSPEKTIF SWOT.
Thesis thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Perkembangan dalam dunia penerbitan buku dewasa ini terjadi sangat pesat. Hal ini dikarenakan dengan adanya Program Pemerintah khususnya dalam bidang pendidikan yang bertujuan unttuk mencerdaskan seluruh rakyat Indonesia, sehingga banyak bermunculan penerbit-penerbit baru.
Keadaan ini tentunya patut mendapat perhatian dari pihak Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama agar supaya tetap dapat mempertahankan hidupnya. Dengan demikian pihak Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama harus benarbenar jeli dalam menganalisis kesempatan apa saja yang dapat dimanfaatkan dalam kondisi persaingan yang demikian dan juga harus mempersiapkan diri di dalam menghadapi ancaman-ancaman yang mungkin akan terjadi dengan k,ekuatan-kekuatan yang dimilikinya. Disinilah perlunya melakukan analisis SWOT, karena dapat dipergunakan untuk melakukan analisis dan diagnosis terhadap wujud ancaman dan peluanq agar dapat diketahui di masa depan di samping membatasi faktor lain yang tak kalah pentingnya dalam menetapkan suatu strategi pe~usahaan yaitu fakttor intern perusahan itu sendiri.
Hasil analisis SWOT untuk Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama melalui penqgunaan metode EFE dan IFE Matrix menunjukkan bahwa POS1S1 perusahaan sekarang adalah grow and build, denqan dernikian strateqi yang dapat dipilih untuk dilakukan adalah strateqi pengembanqan produk dan strategi penqembangan pasar.
Actions (login required)
|
View Item |