Widya Purnamasari, 049715746 (2005) PENGARUH PERSEPSI PELANGGAN TELEPON SELULER SAMSUNG ATAS KOMPLEMENTARITAS ALIANSI PERIKLANAN "FRENSIP" TERHADAP KESADARAN PELANGGAN PADA KARTU SELULER FREN DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-purnamasar-1070-kkbkk-2-k.pdf Download (278kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-purnamasar-1070-b.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini, bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi pelanggan telepon seluler Samsung atas komplementaritas dalam aliansi periklanan "Frensip" terhadap kesadaran pelanggan pada kartu seluler Fren di Surabaya. Penelitian ini didasarkan pada teori dari Aaker (1997: 99-100) mengatakan bahwa periklanan memberi dampak pada pasar, yaitu terhadap kesadaran pelanggan terhadap merek (brand awareness) dan sikap pelanggan terhadap merek (brand attitudes). Pengaruh dari sebuah perubahan dalam kesadaran sama banyaknya dengan perubahan dalam sikap. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran bisa menjadi faktor independen yang penting dari perubahan dalam sikap. Implikasinya, kesadaran terhadap merek yang dipengaruhi oleh periklanan yang bersifat mengingatkan kembali akan mempengaruhi keputusan pembelian. Samu, Krishnan, dan Smith (1999) menyatakan ketika membentuk suatu aliansi, hendaknya memilih patner yang mempunyai tingkat komplementaritas tinggi untuk mencapai brand awareness yang maksimal yang dapat berupa penerimaan yang cepat oleh pelanggan dan keuntungan bagi perusahaan secara mantap. Menurut Samu, Krishnan, dan Smith (1999), suatu kategori produk dari suatu merek yang telah terkenal, mampu memperkuat kesadaran pelanggan terhadap sebuah merek dari kategori produk lain secara komplementer yang masih baru dan belum dikenal oleh masyarakat luas. Variabel babas dalam penelitian ini adalah persepsi pelanggan telepon seluler Samsung atas komplementaritas dalam aliansi periklanan "Frensip ". Sedangkan variabel terikatnya adalah kesadaran pelanggan pada kartu seluler Fren di Surabaya. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah 100 pelanggan telepon seluler merek Samsung yang pernah melihat dan mengamati aliansi periklanan "Frenship" baik melalui media elektronik (televisi) maupun media cetak (koran atau majalah) di Surabaya. Dari 100 responden telah mengisi kuesioner dan melalui uji validitas dan uji reliabilitas telah dinyatakan bahwa jawaban responden adalah valid dan reliabel. Untuk menguji hipotesis digunakan teknik analisis regresi linier sederhana. Persamaan regresi yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: Y = 0,850 + 0,530 X + e Berdasarkan nilai koefisien determinasi R square (R2) sebesar 0,281, menunjukkan bahwa dari persamaan tersebut sejumlah 28,1% dari perubahan nilai Y dipengaruhi oleh satu variabel independen yang diteliti. Sedangkan sisanya yaitu 71,9% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini. Adapun saran yang muncul bagi Mobile-8 dan Samsung, dapat menjadi patner sinergis secara berkelanjutan yang perlu dipertahankan karena mempunyai tingkat komplementaritas tinggi untuk mencapai brand awareness yang maksimal terhadap paket Frensip. Untuk penelitian selanjutnya, perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi kesadaran merek selain persepsi pelanggan telepon seluler merek Samsung atas tingkat komplementaritas dalam aliansi periklanan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 39 06 Pur p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; ADVERTISING - TELECOMMUNICATION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 08 May 2006 12:00 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2017 17:39 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5844 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |