PENGARUH BEBAN IKLAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TEDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2015)

IBS. ANJANI MUCHTADO, 041311333070 (2017) PENGARUH BEBAN IKLAN, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP AGRESIVITAS PAJAK (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TEDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2013 – 2015). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 25-17 Muc p abstrak.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 25-17 Muc p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh beban iklan, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap agresivitas pajak perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Agresivitas pajak diproksikan dengan current ETR. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013 – 2015. Data dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan keuangan perusahaan sampel. Berdasarkan metode purposive sampling, jumlah sampel yang diperoleh sebanyak 140 data sampel. Metode regresi linear berganda digunakan untuk menganalisis penelitian ini. Hasil penelitian secara empiris menunjukkan bahwa beban iklan tidak berpengaruh terhadap agresivitas pajak, sedangkan ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh terhadap agresivitas pajak. Oleh karena itu, perusahaan yang berukuran besar cenderung menjadi perhatian pemerintah karena melakukan agresivitas pajak, sementara perusahaan yang memiliki rasio leverage yang besar cenderung untuk menghindari agresivitas pajak karena mendapat perhatian dari kreditur. Kata Kunci: Beban Iklan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Agresivitas Pajak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 25-17 Muc p
Uncontrolled Keywords: Beban Iklan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Agresivitas Pajak
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising
H Social Sciences > HJ Public Finance > HJ9-9940 Public finance > HJ2240-5908 Revenue. Taxation. Internal revenue
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
IBS. ANJANI MUCHTADO, 041311333070UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElia Mustikasari, Dr., M.Si., CA., BKP., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jul 2017 21:09
Last Modified: 09 Jul 2017 21:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58516
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item