PENGARUH PERSEPSI ATAS MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KELOMPOK KONSUMEN RUMAH TIPE MENENGAH PADA PERUMAHAN "X" DI JEMBER

Mochamad Isnaeni, 049922824 E (2005) PENGARUH PERSEPSI ATAS MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KELOMPOK KONSUMEN RUMAH TIPE MENENGAH PADA PERUMAHAN "X" DI JEMBER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-isnaenimoc-2732-kkbkk-2-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2006-isnaenimoc-2732.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan konsumen terus mengalami perubahan, karena begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan. Untuk memelihara kepuasan tersebut diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dalam memahami berbagai faktor yang menyebabkan perubahan kepuasan konsumen, salah satunya adalah memahami persepsi konsumen. Demikian pula yang terjadi pada Perumahan "X" di Jember. Perumahan ini terus berupaya memuaskan konsumennya, karena kepuasan terhadap factor-faktor pembelian rumah terus mengalami perubahan. Untuk itu perlu diketahui pengaruh persepsi atas marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh secara bersama-sama dan parsial terhadap kepuasan kelompok konsumen rumah tipe menengah pada Perumahan "X" di Jember. Berdasarkan Latar belakang tersebut, maka rumusan masalah yang dikemukakan adalah sebagai berikut : 1. Apakah persepsi atas marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh secara bersama-sama dan parsial terhadap kepuasan kelompok konsumen rumah tipe menengah pada Perumahan "X" di Jember ? 2. Manakah diantara persepsi atas marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh dominan terhadap kepuasan kelompok konsumen rumah tipe menengah pada Perumahan "X" di Jember ? Untuk menjawab permasalahan dan hipotesis penelitian, maka dipergunakan alat uji regresi liniar berganda dengan hasil sebagai berikut 1. Nilai R Square (R2) atau koefisien determinasi = 0,840 artinya 0,840 atau 84,0% persepsi atas marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, distribusi, dan promosi berpengaruh secara bersama-sama dan parsial terhadap kepuasan kelompok konsumen rumah tipe menengah pada Perumahan "X" di Jember sedangkan 16,0% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian. 2. Hipotesis pertama diterima kebenarannya karena hasil uji F = 66,996 dan uji t untuk Persepsi atas Product (Produk) Xi = 3,520, Persepsi atas Price (Harga) X2 = 3,805, Persepsi atas Place (Distribusi) X3 = 2,422, dan Persepsi atas Promotion (Promosi) X4 = 2,982 dan pada masing-masing variabel menunjukkan tingkat kesalahan di bawah 5% sehingga disimpulkan bahwa Persepsi atas Product (Produk) XI, Persepsi atas Price (Harga) X2, Persepsi atas Place (Distribusi) X3, dan Persepsi atas Promotion (Promosi) X4 secara bersama-sama dan secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen (Y). 3. Berdasarkan hasil uji t dan standadized coefficients beta diketahui bahwa variabel yang dominan adalah variabel Product (Produk) X1 yaitu sebesar 0,343. Dengan demikian hipotesis kedua yaitu, "Diduga bahwa persepsi atas marketing mix yang terdiri dari faktor produk, harga, distribusi, dan promosi, faktor produk berpengaruh dominan terhadap kepuasan kelompok konsumen rumah tipe menengah pada Perumahan "X" di Jember", terbukti kebenarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 99/06 Isn p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER SATISFACTION; MARKETING MANAGEMENT
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Mochamad Isnaeni, 049922824 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMARYANI WIDOYO, Dra., Ec.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 19 Oct 2006 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5861
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item