ATTlYAH SISIL Y A DEWI, 049636038
(1993)
ANALISIS PENGARUH KEPUASAN ATAS ATRIBUT
RESTORAN TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN
WENDY'S PLAZA TUNJUNGAN SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Sebagaimana diketahui, bahwa tidak mudah bagi sualu perusahaan untuk tetap mempen:ahankao konsumen yang telah ada dan menjaganya. agar mereka tetap menjadi pelJJ0888D yang letia, hal ini dilebabkan oleh lemakin tingginya tingkat persaingan puar. Aias duar tersebut, usaha untuk: menciptakao kepua.san bagi para konsumen merupakan hal yang dapat dilalrukan untuk memperoleb lo!'Jllitu konsumen. Dalam hal ini, t;n,gkat kepuasan akan ditentukan oleb seberapa jaub persepli konsumen DlBmpU menyamai atau babkan melamp811i barapan konsumen. Semakin banyak konsumen yang loyal karena puaa akan memiliki dampak yang culcup besar temadap tingkat keuntungan dan pertumbuhan USb
Restonm fait food merupakan salah satu bentuk uaaha yang men,gl1tamakan kepraktis8D keefiaienan serta kenyamanan bagi konsumeonya dalam memilih produk makanan. Melalui pen,gaoaliS88D tingkat kepuasan konsumen terbadap aJribut restoran akan memudabkan pibak peruaahaan untuk menyuauo berba,gai atrate,gi pemUarBD deopo lebih efektif dan efilien sesuai dengan harapan konsumen, sehingga. akan mendorong konsumen untuk: lebih loyal. Dengan meJibal pentiogpya kondisi ini, penelitian ini meneoba men,glaYi dan men,gaoalisis pengaruh kepuasan atas aJribut restoran terhadap loyalitas konsumen Wendy'l Plam Tunjungan Surabaya. Atribut·aJribut reltoran yang
. dianaJiaia terdiri dari: KuaJitas, Harga, PeJayanan, Fuilitas dan Lokui.
Untuk menganalisis seberapa besar pengaruh kepuasan atas aJribut
restoran terhadap loyalitu konsumen ini diguoakan alat statistik model regresi
linier berganda (Iinier multiple regression). Dari basil analiais dengan bantuan
paket program SPSS diperoJeb penamaan regresi aeba,gai berikut:
Y =0,0535 + 0,2199XI + 0,0794~+ 0,1397X3 + 0,0785x.. + O,1381X,
Penamaan regresi diatas merumjukkan adanya pengaruh kepua.san atas aJribut restoran yang terdiri dari kualitas, barga, pelayanan, fasilitas dan lokasi terbadap loyalitas konsumen Wendy's Plaza Tunjun,gan Surabaya. Dan dari hasil anaIiais tersebutjuga diperoleb koefisien korelasi berganda (multiple R) sebesar 0,92728 dan koefisien detenninui keseluruhan (Rl) sebesar 0,85984. Selelab melalui pengujian dengan meng,gunakan uji F diperoleb buiJ bahwa ada pengaruh antara kepuu8D atas aJribut restoran dengao loyalitu konsumen Wendy's Plaza Tunjungan Stnbaya 8ecara sisnifikan. Dan dati uji-t yang dilakukan nampak bahwa variabeJ-variabel kepuasan konsumen yang merupakan variabel bebas .eeara parsial juga mampu menjeJaskan Joyalitas konsumen Wendy's Plaza Tunjungan Surabaya sccara Bi~kan. Dan hasil itu pula diketahui bahwa kep_8Il atas kualitas makanan memiliki pengaruh dominan terbadap loyalitas konaumen Wendy's Plaza Tunjungnn Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |