SERLI WIJAYA, 049535092
(1998)
ANALISIS PENGARUH TANGGAPAN KONSUMEN TERHADAP IKLAN
SABUN LUX UNGU DI TELEVISI PADA MINAT PEMBELIAN
KONSUMEN DI SURABAYA.
Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
Abstract
Sebuah produk harus dikomunikasikan kepada konsumen. Salah satu sarana komunikasi pemasaran adalah melalui iklan. Penampilan iklan di media tertentu ini diharapkan dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen.
PT Unilever perlu mengetahui bagaimana tanggapan konsumen dan seberapa besar minat beli konsumen terhadap sabun Lux ungu yang baru diluncurkan. Oleh sebab itu perlu dilakukan analisis mengenai tanggapan konsumen terhadap sabun Lux ungu dan minat beli konsumen.
Penelitian ini mengambil dari sisi tanggapan konsumen terhadap iklan sabun Lux ungu di televisi dan pengaruhnya terhadap minat beli konsumen. Tanggapan konsumen dalam penelitian ini diartikan sebagai penilaian konsumen terhadap bintang iklan, pesan iklan, gambar iklan, dan lagu!musik yang mengiringi iklan.
Untuk keperluan ini, kepada 100 orang responden yang pernah melihat tayangan iklan sabun Lux ungu di televisi, ditanyakan tanggapannya terhadap iklan tersebut dan seberapa besar minat pembelian mereka. Minat pembelian ini diukur dari seberapa besar kemungkinan responden untuk membeli Lux ungu. Pengukuran variabel penelitian menggunakan skala ordinal 1-5 yang telah dikuantifikasikan untuk kepentingan perhitungan dengan teknik regresi. Makin tinggi skor jawaban yang diberikan berarti semakin baik tanggapan konsumen dan semakin besar minat beli konsumen.
Jawaban responden dianalisis dengan teknik regresi linier berganda. Dengan teknik lnl dapat diketahui kekuatan dan arah hubungan dari variabel tergantung dan variabel bebasnya serta besarnya pengaruh variabel bebas terhadap variabel tergantung.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang kuat antara tanggapan konsumen terhadap iklan Lux ungu dengan minat pembelian konsumen akan sabun Lux ungu. Hubungan ini bernilai positif artinya semakin
baik
tanggapan
konsumen
terhadap
iklan
sabun
Lux
ungu
maka
semakin
besar
pula
minat
pembelian
konsumen
akan
sabun
Lux
ungu.
Kekuatan
hubungan
ini
ditunj ukkan
dalam
angka
koefisien
korelasi berganda sebesar 0,76823.
Sedangkan
hasil
analisis
regresi
menunjukkan
bahwa
sebesar 59,018% variasi minat pembelian konsumen terhadap sabun
Lux ungu dapat dijelaskan oleh tanggapan konsumen terhadap iklan sabun Lux ungu melalui persamaan regresi :
Y = 0,4153 + O,4864xl + 0,2760xz + 0,3736x3 + 0,1531x4 Atau dengan kata lain variasi minat pembelian konsumen terhadap sabun Lux ungu sebanyak 59,018% dipengaruhi oleh tanggapan konsumen terhadap bintang iklan, pesan iklan, gambar iklan dan lagu/musik yang mengiringi iklan sabun Lux ungu. Sedangkan 40,982% karena pengaruh faktor lain di luar penelitian.
Actions (login required)
|
View Item |