ANALISIS KEMAMPUAN PRODUK UNTUK MENGHASILKAN KEUNTUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN PELAPORAN SEGMEN SERTA UPAYA PENINGKATAN KEUNTUNGAN PRODUK PADA PT. MALT

Putri Amalia, 040317949 (2006) ANALISIS KEMAMPUAN PRODUK UNTUK MENGHASILKAN KEUNTUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN PELAPORAN SEGMEN SERTA UPAYA PENINGKATAN KEUNTUNGAN PRODUK PADA PT. MALT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-amaliaputr-4343-kkbkk-2-k.pdf

Download (374kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2007-amaliaputr-4343.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://unair.ac.id

Abstract

Informasi akuntansi manajemen dibutuhkan pihak manajemen dalam pengelolaan suatu perusahaan untuk melakukan analisis operasi, pengendalian aktivitas, perencanaan dan pengambilan keputusan. Seiring dengan perkembangan perusahaan yang memproduksi beragam jenis produk yang berbeda, maka aktivitas operasional juga akan semakin kompleks. Oleh karena itu, manajemen harus memberikan fokus terhadap pengelolaan biaya yang diserap oleh berbagai produk yang berbeda. Manajemen membutuhkan informasi akuntansi manajemen yang relevan dan akurat berupa laporan biaya terperinci yang dapat memberikan informasi biaya dan tiap-tiap produk dengan jelas. Laporan segmen dapat memberikan informasi kepada manajemen mengenai kontribusi laba dari tiap-tiap produk dalam mendukung laba perusahaan secara keseluruhan dan dapat digunakan sebagai dasar perencanaan laba di masa yang akan datang. Penelitian dilakukan di PT. MALT di Sidoarjo yang memproduksi produk karpet, taplak meja dan terpal. Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif yang menguraikan proses penyusunan laporan segmen produk dengan menggunakan pendekatan variable costing, di mana biaya-biaya diklasifikasikan sebagai biaya tetap dan biaya variabel. Sedangkan untuk pembebanan traceable cost digunakan konsep activity based costing. Setelah laporan segmen produk disusun, dilakukan analisis contribution margin dan segment margin untuk menilai kinerja produk dan analisis degree of operating leverage sebagai dasar perencanaan laba produk serta analisis activity based management untuk mengidentifikasi aktivitas yang bernilai tambah dan aktivitas yang tidak bernilai tambah. Dan hasil analisis, diperoleh kesimpulan bahwa pelaporan segmen berdasarkan konsep variable costing menghasilkan informasi yang lebih akurat untuk tujuan penilaian kinerja produk dan sebagai dasar perencanaan laba di masa yang akan datang serta untuk mengidentifikasi aktivitas yang bernilai tambah dan tidak bernilai tambah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 36/07 Ama a
Uncontrolled Keywords: LINE OF BUSINESS REPORTING; ACTIVITY BASED COSTING
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
T Technology > TS Manufactures > TS155-194 Production management. Operations management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Putri Amalia, 040317949UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMoh. Nasih, Dr., MT., SE., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 20 Apr 2007 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 21:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/5907
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item