Eko Abdiyanto, 040710596 (2011) PENGARUH KEPUASAN DAN MOTIVASI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA KAMPUNG TAS MOROKREMBANGAN SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-abdiyantoe-21803-b225-11-k.pdf Download (492kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-abdiyantoe-18829-b225-11-k.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepuasan dan motivasi terhadap keberhasilan usaha. Penelitian ini mengajukan kerangka berpikir dimana kepuasan dan motivasi memiliki pengaruh terhadap keberhasilan usaha. Uji empiris menggunakan Regresi Linier Berganda yang didukung dengan hipotesis penelitian. Metode penelitian ini menggunakan variabel kepuasan (X1), motivasi (X2), dan keberhasilan usaha (Y). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada pengrajin tas Morokrembangan Surabaya. Populasi dalam penelitian ini ada 56 pengrajin, Namun berdasarkan survey pendahuluan 5 pengrajin telah bangkrut, 1 pengrajin telah pindah dan tidak berdomisili di tempat tersebut, 18 pengrajin tidak mau didata karena pengrajin tidak puas dan sangat kecewa dengan kinerja Dinkop serta Disperindag yang mengadakan program tapi tidak ada kelanjutannya, begitu juga masalah permodalan yang dibutuhkan kurang diperhatikan. Jadi ada 32 pengrajin yang mau kooperatif untuk didata dan dijadikan sampel penelitian. Berdasarkan hasil pengujian Fhitung dengan Ftabel yaitu Fhitung > Ftabel (Fhitung = 103,218 > Ftabel = 3,34) dan tingkat signifikansi uji Fhitung adalah sebesar 0,000 (signifikansi < 0,05 ) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Itu berarti bahwa variabel kepuasan dan motivasi secara bersama-sama mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keberhasilan usaha terbukti kebenarannya. Berdasarkan pengujian parsial diketahui perbandingan nilai thitung dengan ttabel untuk kepuasan yaitu thitung < ttabel ( thitung = 0,059 < ttabel = 2,048) dan tingkat signifikansi 0,954 > 0,05 Ini berarti bahwa variabel kepuasan tidak mempunyai pengaruh parsial yang signifikan terhadap keberhasilan usaha. Sedangkan untuk motivasi thitung > ttabel (thitung = 12,457 > ttabel = 2,048) dan Tingkat signifikansi untuk variabel motivasi adalah 0,000 oleh karena tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Itu berarti bahwa motivasi mempunyai pengaruh parsial yang signifikan terhadap keberhasilan usaha terbukti kebenarannya. Dari hasil ini variabel yang dominan mempengaruhi keberhasilan usaha kampung tas Morokrembangan Surabaya adalah variabel motivasi dengan nilai beta sebesar 0,934.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 225/11 Abd p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | SATISFACTION, MOTIVATION AND BUSINESS SUCCESS | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 30 Jan 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 04 Jul 2017 02:05 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6083 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |