PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PARIWISATA (Studi Deskriptif Pemberdayaan Masyarakat Desa Condong Kecamatan Gading Probolinggo Di Wisata Minat Khusus Rafting Songadventure)

WIRA GALU VEDA, 071310213037 (2017) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PARIWISATA (Studi Deskriptif Pemberdayaan Masyarakat Desa Condong Kecamatan Gading Probolinggo Di Wisata Minat Khusus Rafting Songadventure). Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKB KK FV.PW.04-17 Ved p ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK FV.PW.04-17 Ved p TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Probolinggo adalah salah satu kota di Jawa Timur yang banyak menyimpan potensi wisata, khususnya di obyek wisata minat khusus Rafting Songadventure. Songadventure memberikan atraksi-atraksi yang sangat menantang seperti rafting, crossing, dan outbond. Semua kegiatan itu tidak luput dari kinerja warga Desa Condong yang merupakan warga sekitar di lokasi obyek wisata minat khusus rafting Songadventure. Penelitian ini mengerucut kepada pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana upaya Songadventure mengajak masyarakat sekitar Desa Condong untuk turut serta mengembangkan potensi obyek wisata minat Khusus Rafting Songadventure, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam menjalankan upaya tersebut Metode yang diguakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pejelasan deskriptif. Sehingga memerlukan informan sebagai narasumber pemberi jawaban atas permasalahan yang di temui. Untuk ,endapatkan jawaban tersebut diperlukan 3 metode yaitu wawancara, penggunaan bahan dokumen dan pengamatan. Berdasarkan penelitian ini, upaya yang dilakukan Songadventure untuk mengajak masyarakat untuk berprtisipasi dalam pengembangan obyek wisata Rafting di Songadventure adalah dengan melakukan sosialisai kepada warga sekitar mengenai peluang untuk pengembangan obyek wisata di Songadventure, penyebaran sosialisasi tersebut hanya disampaikan kepada koordinator yang nantinya akan menyampaikan kepada warga yang lain. Upaya selanjutnya adalah dengan mengadakan kegiatan yang dapat meningkatkan potensi dan kreatifitas warga seperti mendaur ulang botol bekas menjadi sebuah kerajinan dan membuat selai dari buah juwet, serta mengadakan kegiatan keagamaan secara rutin. Hasil peneltian ini menunjukan bahwa pertisipasi masyarakat sangat dibutuhkan dalam pengembangan obyek wisata minat khusus Songadventure karena dengan begitu terpenuhlah sudah kriteria dalam pengembangan suatu obyek wisata alam yaitu dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagai pemelihara serta pengurus obyek wisata tersebut dengan difasilitasi oleh pelaku wisata dalam hal ini Songadventure.

Item Type: Other
Additional Information: KKB KK FV.PW.04/17 Ved p
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
WIRA GALU VEDA, 071310213037UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNOVIANTO EDI SUHARNO, SST.Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 23 Aug 2017 22:51
Last Modified: 23 Aug 2017 22:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60853
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item