PENGARUH PEMBERITAAN POSITIF DAN NEGATIF PADA ENDORSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN

Azwar Effendi, 040610103 (2011) PENGARUH PEMBERITAAN POSITIF DAN NEGATIF PADA ENDORSER TERHADAP SIKAP KONSUMEN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-effendiazw-22163-b266-11-k.pdf

Download (444kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-effendiazw-19052-b266-1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penggunaan endorser pada sebuah iklan dapat membantu pemasar dalam mengkomunikasikan produknya, namun penggunaan endorser pada sebuah iklan juga dapat memberikan dampak yang merugikan bagi perusahaan apabila endorser tersebut mendapat pemberitaan negatif. Kemungkinan munculnya dampak yang merugikan bagi perusahaan terkait penggunaan endorser, maka penelitian ini mengangkat permasalahan apakah adanya informasi positif dan negatif terhadap endorser akan mengakibatkan adanya perubahan sikap atas iklan dan sikap atas merek konsumen. Jenis endorser mana yang paling terpengaruh dengan adanya informasi positif dan negatif yang menerpanya juga akan diuji pada penelitian ini. Selain itu juga diteliti apakah informasi negatif memberikan dampak yang lebih besar daripada informasi positif. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pretest-post-test experimental design memakai desain between-subject untuk mengetahui adanya pengaruh informasi positif dan negatif tentang endorser. Data yang digunakan adalah data primer dari 2 eksperimen yang diperoleh dari 370 orang partisipan yang merupakan mahasiswa Prodi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unair. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah Informasi negatif mempunyai dampak negatif dan informasi positif mempunyai dampak positif terhadap sikap atas iklan dan sikap atas merek konsumen. Adanya informasi positif dan negatif menyebabkan bervariasinya dampak terhadap jenis endorser dan informasi negatif memberikan dampak respons konsumen yang lebih besar terhadap sikap atas iklan dan sikap atas merek dibandingkan informasi positif untuk masing-masing jenis endorser.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 266/11 Eff p
Uncontrolled Keywords: CONSUMER ATTITUDES; CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Azwar Effendi, 040610103UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDBadri Munir Sukoco, SE., MBA., Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 07 Feb 2012 12:00
Last Modified: 04 Jul 2017 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6131
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item