Dhika Setya Budhi, 040510703 (2011) PENGARUH FAKTOR - FAKTOR KEPUASAN KERJA TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PADA KARYAWAN DEPARTEMEN FRONT OFFICE SURABAYA PLAZA HOTEL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 291-11 Bud p abstrak.pdf Download (352kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 291-11 Bud p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Sumber daya manusia merupakan faktor penting di dalam organisasi. Perilaku dari sumber daya manusia didalam organisasi beraneka ragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh signifikan secara bersamasama kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior dan mengetahui apakah ada pengaruh signifikan secara parsial faktor-faktor dalam kepuasan kerja terhadap organizational citizenship behavior. Faktor-faktor dalam kepuasan kerja (variabel X) yang digunakan dalam penelitian ini adalah apa yang dikemukakan oleh Smith (1969), yaitu pekerjaan itu sendiri(Xl), Gaji (X2) , promosi (X3), pengawasan (X4), rekan kerja (X5) dan lingkungan kerja (X6). Sedangkan unsur-unsur yang menggambarkan organizational citizenship behavior (variabel Y) menggunakan teori yang dikembangkan oleh Organ (1988), yaitu unsur-unsur Alturism, Conscientiousness, Sportmanship, Courtesy dan Civic Virtue. Penelitian ini menggunakan data primer, yaitu data yang diperoleh dari jawaban responden atas kuesioner yang disebarkan pada para karyawan departemen front office di Surabaya Plaza Hotel. Dimana jumlah respondennya berjumlah 35 orang. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS 15.0 Berdasarkan hasil analisis regresi linier, diperoleh hasil bahwa secara bersama-sama faktor kepuasan kerja yang terdiri dari variabel pekerjaan itu sendiri, gaji, promosi, pengawasan dan rekan kerja berpengaruh secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior dengan hasil nilai signifikan uji f sebesar 0,000. Sedangkan secara parsial ternyata hanya variabel pekerjaan itu sendiri (X1) dengan tingkat signifikansi 0,00 dan rekan kerja (X5) dengan tingkat signifikansi 0,035 yang berpengaruh secara signifikan terhadap organizational citizenship behavior pada Surabaya Plaza Hotel.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B. 291/11 Bud p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Job satisfaction, Organizational Citizenship Behavior, Multiple regression analysis | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Andri Yanti | ||||||
Date Deposited: | 10 Feb 2012 12:00 | ||||||
Last Modified: | 31 Aug 2016 00:51 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6156 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |