PENGARUH KEADILAN INTERAKSIONAL TERHADAP CITIZENSHIP BEHAVIORS TOWARD THE SUPERVISOR DENGAN KEPUASAN KARYAWAN PADA SUPERVISOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BAGIAN NONOPERASIONAL PT JASA MARGA (PERSERO) TBK, CABANG SURABAYA-GEMPOL

Umi Nur Kusuma Wardhani, 040610422 (2011) PENGARUH KEADILAN INTERAKSIONAL TERHADAP CITIZENSHIP BEHAVIORS TOWARD THE SUPERVISOR DENGAN KEPUASAN KARYAWAN PADA SUPERVISOR SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI BAGIAN NONOPERASIONAL PT JASA MARGA (PERSERO) TBK, CABANG SURABAYA-GEMPOL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B. 309-11 War p abstrak.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
KKB KK-2 B. 309-11 War p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam proses berjalannya kegiatan pada suatu organisasi, salah satu hal yang tidak dapat dikesampingkan adalah hubungan antar sumber daya manusianya. Hal tersebut disebabkan karena sumber daya manusia merupakan penggerak utama kegiatan organisasi. Salah satu hubungan antar sumber daya manusia yang penting dalam suatu organisasi adalah interaksi antara supervisor dengan bawahannya. Dalam keseharian supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinir kegiatan bawahannya, sehingga diperlukan proses interaksi yang baik agar kegiatan-kegiatan yang ditujukan untuk keberhasilan organisasi dapat diraih. Proses interaksi tersebut terangkum dalam keadilan interaksional yang dapat bersifat interpersonal maupun informasional. Dengan terwujudnya keadilan interaksional dari supervisor di mata bawahan, diharapkan dapat menimbulkan persepsi kepuasan karyawan pada supervisor. Kepuasan tersebut ditengarai dapat diwujudkan dengan perilaku-perilaku yang membantu kinerja supervisor atau yang biasa dikenal dengan citizenship behaviors toward the supervisor. Apabila hal tersebut benar-benar berjalan, organisasi akan menuai hasil yang lebih efisien dan efektif dalam melangsungkan kegiatannya untuk mencapai tujuan organisasi. Dalam penelitian ini akan dibahas lebih dalam mengenai pengaruh keadilan interaksional yang terdiri dari keadilan interpersonal dan keadilan informasional terhadap citizenship behaviors toward the supervisor dengan kepuasan karyawan pada supervisor sebagai variabel intervening di PT Jasa Marga (Persero), Tbk Cabang Surabaya-Gempol. Penelitian ini dikhususkan pada karyawan bagian non-operasional sebanyak 64 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara, kuesioner, dokumentasi, dan penelusuran secara online. Dan teknik statistik yang dipergunakan adalah Analisis Jalur. Berdasarkan hasil pembuktian hipotesis yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa baik keadilan interpersonal (X1) maupun informasional (X2) berpengaruh positif terhadap kepuasan karyawan pada supervisor (Z), serta berpengaruh positif terhadap citizenship behaviors toward the supervisor (Y) melalui kepuasan karyawan pada supervisor (Z) yang bertindak sebagai variabel intervening.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 309/11 War p
Uncontrolled Keywords: interactional justice, interpersonal justice, informational justice, employees’ satisfaction toward the supervisor, and citizenship behaviors toward the supervisor.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD2709-2930.7 Corporations
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
Umi Nur Kusuma Wardhani, 040610422UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
EditorNuri Herachwati, Dra. Ec., M.Si., M.Sc.UNSPECIFIED
Depositing User: Andri Yanti
Date Deposited: 17 Feb 2012 12:00
Last Modified: 05 Sep 2016 00:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6180
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item