PENGARUH PELATIHAN DENGAN METODE MODELING TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN CEDERA DAN KETERAMPILAN TEKNIK LANDING PEMAIN VOLI

ALIMUDDIN FAHMY, 131511123058 (2017) PENGARUH PELATIHAN DENGAN METODE MODELING TERHADAP PENGETAHUAN PENCEGAHAN CEDERA DAN KETERAMPILAN TEKNIK LANDING PEMAIN VOLI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 90-17 Fah p Abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (FULLTEXT)
FKP N 90-17 Fah p Sec.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pelatihan dengan pendekatan modeling lebih efektif karena dengan metode modeling klien melakukan tahapan bersama falisitator kemudian klien mencobanya sendiri sesuai dengan pengalaman yang diterima bersama fasilitator. Teknik landing merupakan suatu teknik mendarat yang benar setelah melakukan smash dan block. Melakukan teknik landing yang benar maka akan mengurangi resiko cedera kesalahan landing. Peran perawat dalam hal ini adalah memberikan upaca promotif dan preventif dalam pencegahan cedera pada pemain bola voli. Tujuan penelitian mengetahui pengaruh pelatihan dengan metode modeling terhadap pengetahuan pencegahan cedera dan keterampilan teknik landing pemain voli. Metode: Desain quasi-experimental pretest-posttest with kontrol group design. Besar sampel ditentukan dengan purposive sampling, total 20 responden pemain voli Fakultas Keperawatan Unair dengan 10 kelompok perlakuan dan 10 kontrol. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel independent pelatihan teknik landing dan variable dependennya adalah pengetahuan pencegahan cedera dan keterampilan teknik landing. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Analisis menggunakan Wilcoxon Signed Ranks Test dan Mann Whitney U Test. Hasil: Terdapat peningkatan pengetahuan yang signifikan pada kelompok perlakuan (p=0,007) dan pada kelompok kontrol tidak terjadi peningkatan yang signifikan dengan (p=0,085) dan terjadi peningkatan keterampilan yang signifikan pada kelompok perlakuan (p=0,005) dan pada kelompok control tidak terjadi peningkatan dengan (p=0,066). Perbedaan antara kelompok kontrol dan perlakuan adalah: pengetahuan (p=0,001), keterampilan teknik landing (p=0,000). Diskusi: Kesalahan dalam mendarat (landing) jika dibiarkan akan memberikan akibat yang merugikan maka perlu diberikan pelatihan tentang teknik landing untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya guna mengurangi resiko cedera kesalahan landing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.90/17 Fah p
Uncontrolled Keywords: pelatihan; metode modeling; pencegahan cedera, teknik landing
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
ALIMUDDIN FAHMY, 131511123058UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIra Suarilah, S. Kp., M. Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorSylvia Dwi Wahyuni, S. Kep., Ns., MUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:15
Last Modified: 14 Apr 2023 14:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61943
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item