PERAMALAN PRODUKSI BONGKAR MUAT PETIKEMAS DOMESTIK PT. BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIK DAN HOLT WINTER’S

PARAJAYA EDWARD, 041324353023 (2017) PERAMALAN PRODUKSI BONGKAR MUAT PETIKEMAS DOMESTIK PT. BERLIAN JASA TERMINAL INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM DINAMIK DAN HOLT WINTER’S. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (654kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

PT Berlian Jasa Terminal Indonesia (PT BJTI) merupakan anak perusahaan yang didirikan oleh PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) pada awal bulan Januari tahun 2002 untuk mengelola Terminal Berlian Tanjung Perak Surabaya, sebagai Operator Terminal PT Berlian Jasa Terminal Indonesia telah banyak dipercaya oleh berbagai perusahaan atau para pengguna jasanya untuk menghandling atau menangani kegiatan bongkar muat untuk petikemas domestik, serta berbagai jasa bongkar muat penunjang lainnya. PT BJTI berfokus pada penangan kegiatan bongkar muat petikemas domestik dimana faktor Inflasi,PDRB, tarif bongkar muat, tarif TKBM, dan laju pertumbuhan ekonomi baik secara regional maupun secara nasional diduga menjadi faktor yang berpengaruh dalam hal naik atau turunnya produksi bongkar muat PT BJTI untuk masa kini dan masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model produksi bongkar muat PT BJTI dan meramalkan produksi bongkar muat PT BJTI di masa yang akan datang dengan menggunakan metode peramalan Holt Winter’s dan Sistem Dinamik. Hasil pembahasan dengan model sistem dinamik pada produksi bongkar muat diketahui bahwa apabila PDRB pada tahun ini naik sebesar Rp. 1 milyar maka produksi bongkar muat PT BJTI tahun juga akan naik. Kedua metode dapat melakukan peramalan untuk beberapa tahun kedepan dan mempunyai keunggulan masing-masing. Tetapi berdasarkan penelitian, direkomendasikan metode yang lebih akurat untuk peramalan produksi bongkar muat PT BJTI adalah menggunakan Sistem Dinamik.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM 46/17 Edw p
Uncontrolled Keywords: Produksi bongkar muat PT BJTI , Holt Winter, Sistem Dinamik
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
PARAJAYA EDWARD, 041324353023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWindijarto, Dr. , SE., MBAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2017 23:54
Last Modified: 28 Sep 2017 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item