GALUH INDRI FIKTARIA, 040418752 (2009) PENGARUH PENGGUNAAN WARNA PADA DESIGN TOKO TERHADAP PERSEPSI ATAS LINGKUNGAN TOKO DAN SIKAP KONSUMEN ATAS TOKO PAKAIAN REMAJA PUTRI DENGAN ARTIFICIAL SETTING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
skripsi complete buat CD.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-fiktariaga-12621-b28310-p.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-fiktariaga-12621-b28310-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Industri ritel merupakan industri yang mengalami perkembangan yang relatif cepat dan dinamis. Dalam waktu singkat saja, bisa muncul retailer-retailer baru yang menyediakan barang maupun jasa yang dibutuhkan konsumen. Banyaknya jumlah retailer baru itu, menimbulkan persaingan diantara para retailer untuk bisa menjadi yang terbaik di mata konsumennya. Persaingan membuat para pemilik toko ritel harus melakukan strategi diferensiasi. Disaat produk, kemasan, dan fitur-fitur lain tidak dapat memberikan keunikan tersendiri, toko dapat menjadi salah satu alat diferensiasi bagi perusahaan. Oleh karena itu tidak sedikit peritel yang rela menghabiskan berjuta-juta uang untuk merombak tampilan tokonya. Salah satu cara untuk membuat toko tersebut terlihat berbeda dari yang lain adalah melalui desainnya. Dalam membangun ataupun merancag ulang toko, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dalam hal pemilihan warna. Tiap warna memiliki makna yang berbeda apabila digunakan dalam desain. Warna yang digunakan dapat membantu menciptakan lingkungan toko dan mempengaruhi sikap konsumen terhadap toko. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui adanya perbedaan pengaruh yang ditimbulkan warna terhadap persepsi atas lingkungan toko dan juga sikap atas toko sekaligus mengetahui adanya pengaruh antara persepsi atas lingkungan toko terhadap sikap pada toko. Penelitian ini menggunakan dasar desain penelitian eksperiment, yang dibentuk pada eksperimen laboratorium dengan memanfaatkan gambar toko artificial. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen within-subject design dengan empat kondisi manipulasi yang diambil dari empat warna dasar yang berbeda yaitu merah, kuning, biru, dan hijau. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang menitik beratkan pada uji hipotesis memakai teknik analisis ANOVA Univariate dan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan pengaruh warna terhadap persepsi atas lingkungan toko maupun terhadap sikap pada toko. Lingkungan toko dengan warna kuning dan biru dipersepsikan positif oleh partisipan. Toko dengan desain warna kuning dan biru merupakan yang paling disukai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 283/10 Fik p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER BEHAVIOR; MARKETING MANAGEMENT | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5548.8 Psychology, Industrial |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 27 Jul 2017 18:26 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/622 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |