HUBUNGAN ENERGY INTAKE DAN ENERGY EXPENDITURE DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI HOME INDUSTRY KUE KERING ―KARTIKA‖ SURABAYA

DINDA LAMINIA, 101311133139 (2017) HUBUNGAN ENERGY INTAKE DAN ENERGY EXPENDITURE DENGAN PRODUKTIVITAS KERJA PADA PEKERJA BAGIAN PRODUKSI DI HOME INDUSTRY KUE KERING ―KARTIKA‖ SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM. 312-17 Lam h - abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM. 312-17 Lam h - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 9 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan pekerja seringkali terabaikan khususnya dalam hal asupan makanan, sedangkan untuk melakukan sebuah aktivitas dibutuhkan tenaga. Salah satu sumber tenaga tersebut diperoleh dari makanan yang dikonsumsi (energy intake), agar terjadi keseimbangan maka sebaiknya setiap individu juga memperhatikan energi yang dikeluarkan (energy expenditure). Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menganalisis hubungan energy intake dan energy expenditure dengan produktivitas kerja pada pekerja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian sebesar 41 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara karakteristik responden, recall 24-hours, IPAQ Questionnaire, wawancara motivasi kerja. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasi Pearson dan Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan tidak terdapat hubungan antara masa kerja (p=0,829), energy intake (p=0,243), dan energy expenditure (p=0,937) dengan produktivitas kerja, serta terdapat hubungan antara motivasi kerja (p=0,000) dengan produktivitas kerja. Kesimpulan dari penelitian ini adalah semakin baik motivasi kerja maka semakin tinggi pula produktivitas kerja. Hal tersebut akan lebih baik bila pihak home industry memperhatikan faktor-faktor motivasi kerja seperti prestasi, pengakuan, tanggung jawab dan kemungkinan untuk berkembang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM. 312-17 Lam h
Uncontrolled Keywords: energy intake, energy expenditure, produktivitas kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DINDA LAMINIA, 101311133139UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorLailatul Muniroh, , S.KM., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Dec 2017 21:17
Last Modified: 18 Dec 2017 21:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62627
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item