ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN(Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016)

Rury Kristi Rastiasari, 041311333015 (2017) ANALISIS PENGARUH PENGUNGKAPAN INTELLECTUAL CAPITAL DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN(Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar pada Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2016). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text
A-298 - 17 Ras a - Abstrak.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A-298 - 17 Ras a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pengungkapan Intellectual Capital dan Corporate Social Responsibility di dalam laporan keuangan terhadap nilai perusahaan. Pengaruh terhadap nilai perusahaan dihitung menggunakan Price to Book Value. Intellectual Capital dihitung dengan indikator human capital, structur capital, dan relation capital. Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan diukur menggunakan indeks GRI 4.0. Variabel kontrol terdiri dari profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan. Sampel penelitian ini ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling dan 60 perusahaan kemudian dianalisis sebagai sampel. Teknik pengujian hipotesis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS 20.0. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa pengungkapan intellectual capital tidak berdampak signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel lainnya yaitu pengungkapan Corporate Social Responsibility mengungkapkan bahwa ada pengaruh signifikan positif terhadap nilai perusahaan. Untuk variabel kontrol profitabilitas tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, variabel leverage menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan, dan ukuran perusahaan menunjukkan adanya pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A-298 - 17 Ras a
Uncontrolled Keywords: intellectual capital, CSR, pengungkapan intellectual capital, pengungkapan CSR, nilai perusahaan, profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
Rury Kristi Rastiasari, 041311333015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwiek Dianawati, Dr.,dra.,MS.i.,AkUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 24 Jan 2018 23:57
Last Modified: 24 Jan 2018 23:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item