HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KLIEN TB PARU DI POLI PARU RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

NORA DWI PURWANTI, 131511123009 (2017) HUBUNGAN PELAKSANAAN TUGAS KESEHATAN KELUARGA DENGAN KEPATUHAN MINUM OBAT KLIEN TB PARU DI POLI PARU RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 157-17 Pur h Abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 157-17 Pur h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan: Ketidakpatuhan minum obat ditemukan pada client dengan TB paru di poli paru Rumah Sakit Umum Haji Surabaya. Kepatuhan minum obat pada klien dipengaruhi oleh beberapa faktor. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis hubungan pelaksanaan tugas kesehatan keluarga dengan kepatuhan minum obat klien TB paru. Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Variabel independen dalam penelitian ini adalah tugas kesehatan keluarga yang meliputi 5 dimensi, yaitu mengenal masalah kesehatan anggota keluarga, mengambil keputusan untuk tindakan yang tepat, merawat anggota keluarga yang sakit, memodifikasi lingkungan yang sehat dan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia. variabel dependen adalah kepatuhan minum obat. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner dan uji statistik menggunakan spearman rho dengan tingkat signifikan < 0,05. Hasil: Ada hubungan antara pelaksanaan tugas kesehatan keluarga: mengenal masalah kesehatan anggota keluarga (p: 0,001), mengambil keputusan untuk tindakan yang tepat (p: 0,000), merawat anggota keluarga yang sakit (0,003), memodifikasi lingkungan yang sehat (p: 0,006), dan memanfaatkan fasilitas pelayanan kesehatan yang tersedia (0,001) dengan kepatuhan minum obat klien TB paru. Diskusi: Hasil dari penelitian ini menyarankan agar rumah sakit melakukan pendidikan kesehatan secara berkelanjutan kepada keluarga dan klien. Keluarga dapat menyediakan lingkungan yang kondusif untuk klien dan penelitian selanjutnya dapat dikembangkan dengan menggunakan metode lain seperti observasi langsung, demostrasi dan simulasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.157/17 Pur h
Uncontrolled Keywords: tugas kesehatan keluarga, kepatuhan, TB paru
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
NORA DWI PURWANTI, 131511123009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTintin Sukartini, Dr. S.Kp., M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorHerdina Mariyanti, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 23:46
Last Modified: 11 Dec 2017 23:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63135
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item