STUDI PROSPEKTIF TERHADAP DIAMETER SELUBUNG SARAF OPTIK PADA ORANG DEWASA NORMAL DENGAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI SEBAGAI INDIKATOR PENINGKATAN TEKANAN INTRAKRANIAL

dr. Tyas Ilhamy, NIM011228176308 (2017) STUDI PROSPEKTIF TERHADAP DIAMETER SELUBUNG SARAF OPTIK PADA ORANG DEWASA NORMAL DENGAN PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI SEBAGAI INDIKATOR PENINGKATAN TEKANAN INTRAKRANIAL. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (full text)
Laporan Hasil Penelitian-Tyas Ilhamy.pdf
Restricted to Registered users only until 17 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Pengukuran diameter selubung saraf optik (DSSO) dengan ultrasound merupakan metode non invasif dalam monitoring peningkatan tekanan intrakranial yang sudah diterapkan di bidang kegawatdaruratan dan ruang perawatan intensif. Selubung saraf optik merupakan membran yang menutupi saraf optik di belakang bola mata dan berlanjut menjadi duramater di otak. Peningkatan tekanan intrakranial menyebabkan rongga subarachoid melebar sehingga turut berpengaruh terhadap diameter selubung saraf optik. Dari beberapa penelitian diketahui bahwa DSSO sebagai prediktor kuat terhadap peningkatan tekanan intrakranial dengan sensitivitas dan spesifitas tinggi, namun tidak ada ketentuan nilai cut-off sebagai indikasi peningkatan tekanan intrakranial serta range normal yang bervariasi pada populasi di tiap negara. Oleh karena itu dilakukan studi prospektif observasional dengan mengukur DSSO pada orang dewasa normal dengan menggunakan ultrasound. DSSO diukur pada jarak 3 mm di belakang bola mata. Dari penelitian ini (n=75) didapatkan rentang rentang DSSO pada populasi dewasa normal adalah 3.5 – 6.4 mm, rata-rata 4.7  0.62 mm dan 95 % persentil adalah 5.8 mm (cut off). DSSO > 5.8 mm diasumsikan sebagai abnormal (tekanan intrakranial > 20 mmHg). Tidak ada perbedaan DSSO antara kedua mata dan jenis kelamin. Terdapat pengaruh dan hubungan yang lemah antara DSSO dengan usia. Terdapat hubungan yang lemah antara BB dan TB terhadap DSSO namun tidak dapat mempengaruhi DSSO.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.R 06/17 Ilh s
Uncontrolled Keywords: Diameter selubung saraf optik, peningkatan tekanan intrakranial, ultrasound.
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Radiologi
Creators:
CreatorsNIM
dr. Tyas Ilhamy, NIM011228176308NIM011228176308
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrijono KSP, Prof. DR. dr., Sp. Rad (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2017 23:36
Last Modified: 16 Oct 2017 23:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64038
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item