DAMPAK DIMENSI BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA PERUSAHAAN

EGRINA RINTANI TRIKSINA, 041311233299 (2017) DAMPAK DIMENSI BUDAYA ORGANISASI TERHADAP EFEKTIVITAS KINERJA PERUSAHAAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
B.317.17 . Tri.d - ABSTRAK.pdf

Download (35kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
B.317.17 . Tri.d - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini menguji pengaruh dimensi budaya organisasi yang sesuai dengan Organizational Culture Model dari Volodymyr E. Momot dan Olena M. Livinenko (2012) yang terdiri dari empat dimensi budaya, yaitu adaptasi, misi, konsistensi, dan keterlibatan terhadap ukuran efektivitas kinerja perusahaan. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sampel sebanyak 227 responden dari 12 perusahaan yang menggunakan Denison Organizational Culture Model (DOCS) dipasangkan dengan tiga pengukuran objektif efektivitas kinerja organisasi (ROA, market to book, dan sales growth). Hubungan antar variabel dianalisis dengan menggunakan metode Multilevel Regression karena terdapat dua unit analisis yakni level individu (data berstruktur hirarkis) dan level organisasi. Hasilnya menunjukkan bahwa kombinasi budaya adaptasi dengan konsistensi memiliki pengaruh signifikan dalam meningkatkan efektivitas kinerja perusahaan (ROA, market to book, dan sales growth). Namun, untuk budaya konsistensi menyatakan hasil pengaruh yang tidak signifikan. Tidak signifikannya budaya konsistensi ini dikarenakan kondisi lingkungan pada perusahaan bersifat sangat dinamis sehingga akan mengabaikan fleksibilitas dan perubahan di pasaran yang penting untuk meningkatkan profitabilitas. Secara keseluruhan, yang paling berpengaruh terhadap efektivitas kinerja perusahaan adalah kombinasi budaya adaptasi dengan konsistensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 B.317/17 Tri d
Uncontrolled Keywords: Budaya organisasi, efektivitas organisasi, adaptasi, misi, konsistensi, keterlibatan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
EGRINA RINTANI TRIKSINA, 041311233299UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDian Ekowati, SE.,M.Si.,M.AppCom(OrgCh).,Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 28 Dec 2017 20:44
Last Modified: 17 Jan 2018 19:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65484
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item