HUBUNGAN MUTU DENGAN KEPUASAN PROGRAM KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA WILAYAH PUSKESMAS PUCANG SEWU SURABAYA

Mochammad Cholid Hanafi, 131511123053 (2017) HUBUNGAN MUTU DENGAN KEPUASAN PROGRAM KEGIATAN PELAYANAN KESEHATAN LANSIA DI POSYANDU LANSIA WILAYAH PUSKESMAS PUCANG SEWU SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 158-17 Han h Abstrak.pdf

Download (215kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 158-17 Han h Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 2 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pendahuluan : Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) lansia adalah suatu wadah pelayanan kepada lansia di masyarakat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup melalui peningkatan kesehatan dan kesejahteraan lansia. Mutu pelayanan Posyandu lansia sangat penting untuk meningkatkan kepuasan lansia. Semakin tinggi mutu pelayanan, semakin tinggi tingkat kepuasan yang di rasakan oleh lansia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan hubungan mutu dengan kepuasan lansia terhadap pelayanan Posyandu lansia di wilayah kerja Puskesmas Pucang Sewu Kota Surabaya. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah cross sectional dengan jumlah responden sebanyak 277 orang lansia yang menjadi anggota Posyandu lansia. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Sampling. Variabel independen adalah mutu dan variabel dependen adalah kepuasan. Data didapatkan dari kuisioner dan dianalisis menggunakan Spearman Rho dengan tingkat signifikansi α < 0,05. Hasil : Mutu pelayanan yang baik terbukti bisa memberikan kepuasan kepada lansia dengan hasil uji Spearman Rho untuk mutu input p = 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,705. Untuk proses di dapat nilai p = 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,750 dan untuk outcome di dapatkan nilai p = 0,000 dengan koefisien korelasi sebesar 0,766 yang berarti ada hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Diskusi dan kesimpulan : Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara mutu input, proses, dan outcome dengan kepuasan lansia. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh puskesmas dan kader di posyandu lansia untuk dapat menjaga dan meningkatkan standar mutu pelayanan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.158/17 Han h
Uncontrolled Keywords: Mutu, Kepuasan, Posyandu Lansia, Lansia, Puskesmas
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
Mochammad Cholid Hanafi, 131511123053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorElida Ulfiana, S.Kep., Ns., M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:09
Last Modified: 29 Dec 2017 00:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65529
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item