EVALUASI PENINGKATAN KEBUGARAN PADA PASIEN PASCA OPERASI GANTI KATUP JANTUNG DENGAN SIX MINUTE WALKING TEST

YOFRIZAL ARTUNINGGA, 151410213001 (2017) EVALUASI PENINGKATAN KEBUGARAN PADA PASIEN PASCA OPERASI GANTI KATUP JANTUNG DENGAN SIX MINUTE WALKING TEST. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FV.FST.07.17 . Art.e - ABSTRAK.pdf

Download (123kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FV.FST.07.17 . Art.e - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penyakit katup jantung tergolong dalam penyakit kongenital atau yang diperoleh karena infeksi bakteri atau virus, dan dapat menyerang satu atau lebih dari keempat katup jantung. Deformitas yang terjadi pada katup jantung digolongkan secara fungsional (stenosis dan regurgitasi) dan secara anatomi seperti prolaps, deformitas kongenital, deformitas karena trauma, infeksi, iskemia, dan penyakit demam rematik. Terdapat berbagai jenis katup yang mengalami kerusakan dan kebanyakan deformitas yang terjadi digolongkan secara fungsional seperti mitral stenosis, mitral regurgitasi, tricuspid stenosis, tricuspid regurgitasi, aorta stenosis dan aorta regurgitasi. Tindakan bedah merupakan tindakan yang banyak dilakukan pada kasus katup jantung yang berat seperti seperti penggantian katup jantung yaitu Mitral valve replacement atau memperbaiki katup jantung yaitu Tricuspid valve repair. Tindakan pembedahan selalu menimbulkan problem penurunan kapasitas fisik dan kemampuan fungsional berupa penurunan tingkat kebugaran dan problem sekunder lain berupa restriksi ekspansi thoraks. Data dari WHO tahun 2011 menyebutkan penyakit jantung merupakan kontributor utama mortalitas dan morbiditas global. Secara internasional, penyebab kira-kira sepertiga dari total tahunan kematian, dengan tingkat kematian di negara-negara berpenghasilan tinggi mulai dari 20% sampai 50%. Penyakit jantung bertanggung jawab sekitar 20% dari beban penyakit di seluruh dunia Peran fisioterapi dalam program rehabilitasi jantung yaitu peningkatan kebugaran dengan latihan, pencegahan problem sekunder dan menilai hasil program melalui evaluasi berkala dengan tujuan peningkatan toleransi terhadap aktifitas.Tujuan penulisan tugas akhir ini untuk mengetahui penyakit katup jantung beserta pembuatan program latihan rehabilitasi jantung dan menilai hasil program latihan dengan protokol six minute walking test dengan mengutip dari berbagai sumber pedoman rehabilitasi jantung.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: FV.FST.07/17 Art e
Uncontrolled Keywords: Mitral Valve Replacement, Tricuspid Valve Repair, Six Minute Walking Test, Latihan Endurance
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > Including massage, exercise, occupational therapy, hydrotherapy, phototherapy, radiotherapy, thermotherapy, electrotherapy
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Fisioterapi
Creators:
CreatorsNIM
YOFRIZAL ARTUNINGGA, 151410213001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHening Laswati P,, Dr., dr., Sp.KFRUNSPECIFIED
Thesis advisorAkhmad Susiloaji, STR.Kes, SKM.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 29 Dec 2017 00:21
Last Modified: 22 Jan 2018 21:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/65789
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item