PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK NEGERI 1 BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO

KURNIA ADITA ASRI, 111211133009 (2017) PENGARUH KETERLIBATAN ORANGTUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMK NEGERI 1 BUDURAN KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Psi.76-17 Asr p - Abstrak.pdf

Download (832kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Psi.76-17 Asr p - Fulltext.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah keterlibatan orangtua berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik indklusi di sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri 1 Buduran Kabupaten Sidoarjo. Prestasi belajar merupakan hasil pendidikan peserta didik di sekolah yang dinyatakan sesudah hasil penilaian (Djamarah, 1994). Keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak adalah mekanisme partisipasi orangtua dengan memberikan dorongan (encouragement), memberikan contoh (modeling), memberikan penguatan (reinforcement), danmemberikan instruksi (instruction) dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi akademik anak (Hoover-Dempsey, 2005). Subjek penelitian berjumlah 20 peserta didik SMKN 1 Buduran Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan termasuk penelitian eksplanatori. Pengumpulan data menggunakan kuesioner children’s perceptions of parent’s involvement activities oleh Hoover-Dempsey (2005) yang kemudian diadaptasi oleh Ardelia (2016) dan studi dokumentasi berupa nilai rapor. Analisis regresi linier sederhana digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini. Berdasarkan uji analisis data diperoleh F regresi sebesar 11, 451 dan nilai signifikansi 0,003 < 0,05 dengan persamaan regresi Y = 30,091+0,931X yang menunjukkan bahwa keterlibatan orangtua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima atau terdapat pengaruh yang signifikan dari keterlibatan orangtua terhadap prestasi belajar peserta didik berkebutuhan khusus di SMK Negeri 1 Buduran Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Psi. 76-17 Asr p
Uncontrolled Keywords: Keterlibatan Orangtua, Prestasi Belajar, Sekolah Menengah Kejuruan, Slow Learner.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1050.9-1091 Educational psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
KURNIA ADITA ASRI, 111211133009UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrihastuti, Dra., SU., PsikologUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Nov 2017 16:34
Last Modified: 08 Nov 2017 16:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66118
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item