PENGEMBANGAN MODEL PENCEGAHAN ULCUS DECUBITUS BERBASIS METODE SIX SIGMA TERHADAP KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN(KTD) DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA

MARTINI SRIWULANINGDYAH, 131514153028 (2017) PENGEMBANGAN MODEL PENCEGAHAN ULCUS DECUBITUS BERBASIS METODE SIX SIGMA TERHADAP KEJADIAN TIDAK DIHARAPKAN(KTD) DI RUMAH SAKIT UMUM HAJI SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS WULAN.pdf
Restricted to Registered users only until 9 November 2020.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang: Mutu dan Keselamatan pasien merupakan komponen penting dari kualitas suatu Rumah Sakit. Ulcus Decubitus merupakan salah satu indikator peningkatan mutu dan keselamatan pasien (PMKP) di Rumah Sakit. Angka kejadian pasien Ulcus Decubitus yang belum sesuai standart(1,5‰) dapat menurunkan kualitas layanan suatu Rumah Sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma yang ditandai dengan menurunnya angka KTD. Metode: Penelitian ini terdiri dari dua tahap. Penelitian tahap pertama menggunakan explanative survey dengan pendekatan cross sectional yang melibatkan 57 perawat sebagai responden yang dipilih secara purposive sampling. Penelitian tahap kedua merupakan penelitian pre-eksperimen yang melibatkan 31 perawat sebagai responden yang dipilih secara cluster sampling. Variabel yang digunakan faktor individu, faktor organisasi, faktor manajemen, pencegahan ulcus decubitus berbasis six sigma, kejadian KTD. Partial Least Squre (PLS) digunakan untuk menguji faktor yang mempengaruhi model pencegahan Ulcus Decubitus sedangkan Wilcoxon Signed Rank Test dan Mann Whitney test digunakan untuk menguji pengaruh model pencegahan Ulcus Decubitus terhadap KTD. Hasil dan analisis : Faktor individu (koefisien jalur 0.200, t =6,580) berperan terhadap perubahan perilaku perawat dalam pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma, faktor organisasi (koefisien jalur=0.373, t=9,278) berperan terhadap perilaku perawat dalam pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma dan faktor manajemen (koefisien jalur=0.099, t=2,184) berperan terhadap perilaku perawat dalam pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma. Uji coba model pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap jumlah kejadian ulcus decubitus (jumlah kejadian ulcus decubitus 0). Diskusi dan Kesimpulan: Faktor individu, faktor organisasi dan faktor manajemen merupakan faktor yang mempengaruhi pencegahan ulcus decubitus berbasis Six Sigma yang pada akhirnya dapat menurunkan kejadian KTD ulcus decubitus.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKP 10/17 Sri p
Uncontrolled Keywords: Ulcus Decubitus prevention, Six Sigma, KTD
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
MARTINI SRIWULANINGDYAH, 131514153028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNursalam, Prof.,Dr.,M.NursUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:24
Last Modified: 08 Nov 2017 22:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66155
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item