UPAYA PENINGKATAN RESPONSE TIME PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN BERDASARKAN SERVICE BLUEPRINT (Studi di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya)

RIMBARA SUSILO, 101314453007 (2016) UPAYA PENINGKATAN RESPONSE TIME PELAYANAN UNIT RAWAT JALAN BERDASARKAN SERVICE BLUEPRINT (Studi di Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TKA.07 17 Sus u.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TKA.07 17 Sus u.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Unit Rawat Jalan Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan mengalami kendala dalam mencapai indikator mutu. Indikator tersebut adalah waktu tunggu rawat jalan ≤ 60 menit dengan target ≥ 85% dan waktu penyediaan rekam medis ≤ 10 menit dengan target ≥ 80%. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi untuk meningkatkan response time pelayanan unit rawat jalan berdasarkan Service Blueprint. Penelitian ini adalah penelitian analitik dengan rancangan cross sectional. Populasi penelitian adalah petugas unit rawat jalan dan pelanggan unit rawat jalan periode Mei 2016. Hasil penelitian menunjukkan 65% pelanggan berusia muda, 52% memiliki tingkat pendidikan rendah, 92% memiliki pengalaman baik terkait response time pelayanan. Beberapa tahapan customer action membutuhkan waktu lama. Tahapan tersebut adalah antri di pintu parkir, proses pendaftaran, antrian di klinik, proses injeksi, pemeriksaan radiologi. 69,70% petugas berusia muda, 83,80% memiliki pengalaman kerja lebih dari 3 tahun, 51% memiliki tingkat pendidikan tinggi, 49,50% memiliki pengetahuan baik mengenai rekam medis. Petugas memiliki komitmen afektif yang termasuk kategori tinggi, continuous commitment yang termasuk kategori rendah, komitmen normatif yang termasuk kategori tinggi dan motivasi yang baik. Beberapa tahapan tindakan petugas membutuhkan waktu lama. Tahapan tersebut adalah melengkapi data pasien, proses injeksi, pemeriksaan radiologi. Support processes unit rawat jalan mendapat penilaian baik. Beberapa response time physical evidence membutuhkan waktu lama, yaitu response time di tempat pendaftaran pasien unit rawat jalan, klinik dan radiologi. Kesimpulan: response time pelayanan unit rawat jalan dapat ditingkatkan dengan melakukan perbaikan pada beberapa faktor penyebab yang berhubungan dengan response time customer action, response time tindakan petugas dan response time physical evidence.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK-2 TKA.07/17 Sus u
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Unit Rawat Jalan, Service Blueprint, Response Time.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine > RA960-1000.5 Medical centers. Hospitals. Dispensaries. Clinics
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Administrasi dan Kebijakan Kesehatan
Creators:
CreatorsNIM
RIMBARA SUSILO, 101314453007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr., drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorWidodo J.P., dr., MS., M.PH., Dr., PH.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 08 Nov 2017 22:34
Last Modified: 08 Nov 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66160
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item