BOBBY VICTOR IMMANUEL ALFONS, 040510506 (2011) ANALISIS PENGARUH KEMIRIPAN KEMASAN DAN KEBUTUHAN MENCARI VARIASI TERHADAP NIAT PERPINDAHAN MEREK PADA PRODUK SNACK RINGS DI SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
ANALISIS PENGARUH KEMIRIPAN KEMASAN DAN PERILAKU MENCARI VARIASI TERHADAP KEPUTUSAN PERPINDAHAN MEREK - gdlhub-gdl-s1-2011-alfonsbobb-12810-b32910-a.pdf Download (183kB) |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-alfonsbobb-12810-b32910-a.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Seiring semakin ketatnya persaingan, para pemasar harus jeli mengetahui sikap konsumen agar lebih tertarik terhadap produknya dibandingkan dengan produk pesaing. Kemasan dengan fungsinya sebagai pembungkus produk merupakan alat rangsangan pertama pemasar untuk menarik perhatian kosumen dalam proses pembelian di tempat. Fenomena yang terjadi sekarang adalah semakin maraknya produk baru dengan bentuk dan warna kemasan yang serupa dengan produk sejenis yang telah lebih dulu ada di pasar. Penelitian ini mengambil produk makanan dalam kemasan sebagai objeknya dikarenakan pertumbuhan pasar produk makanan dalam kemasan yang terus bertumbuh sejak 2008 sekalipun terjadi krisis keuangan di seluruh dunia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh kemiripan kemasan dan kebutuhan mencari variasi secara simultan terhadap niat perpindahan merek pada produk snack Rings di Surabaya serta untuk mengetahui apakah kemiripan kemasan atau kebutuhan mencari variasi yang lebih dominan mempengaruhi secara signifikan terhadap niat perpindahan merek pada di Surabaya. Analisis statistik yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kemiripan kemasan secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat perpindahan merek, hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,028 yang lebih kecil dari 0,05. Demikian juga diketahui bahwa variabel kebutuhan mencari variasi secara parsial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap niat perpindahan merek, hal ini didasarkan pada nilai signifikansi yang diperoleh adalah sebesar 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa kemiripan kemasan dan keputusan mencari variasi secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan perpindahan merek, hal ini didasarkan pada nilai F hitung sebesar 16,323 yang lebih besar dari F tabel yang sebesar 3,090. Dapat disimpulkan juga bahwa variabel kebutuhan mencari variasi atas produk snack lebih dominan dalam mempengaruhi secara signifikan terhadap niat perpindahan merek di Surabaya, hal ini didasarkan pada nilai signifikansinya yang paling kecil diantara variabel lainnya dimana variabel kebutuhan mencari variasi sebesar 0,000 dan kemiripan kemasan sebesar 0,028.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 329/10 Alf a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PACKAGE GOODS INDUSTRY | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5801-6182 Advertising |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 01 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 07 Sep 2016 08:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/665 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |