PELAYANAN WAITER DI HOTEL (Study Deskriptif Tentang Upaya Manajemen Hotel Grand Sumatera Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Waiter/Waitress Kepada Tamu)

ENGGAR FEBRIANTO, 071102062 (2017) PELAYANAN WAITER DI HOTEL (Study Deskriptif Tentang Upaya Manajemen Hotel Grand Sumatera Dalam Mengoptimalkan Pelayanan Waiter/Waitress Kepada Tamu). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.PW.50 17 Feb p.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.PW.50 17 Feb p.pdf
Restricted to Registered users only until 16 November 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui pekerjaan yang disajikan waiter dalam mengoptimalkan pelayanan kepada tamu di Restoran Grand Sumatera Surabaya Hotel dan tanggapan tamu atas kualitas kinerja waiter dalam mengoptimalkan pelayanan di Restoran Grand Sumatera Hotel Surabaya. Adapun metode penelitian dan pengumpulan laporan tugas akhir ini dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa tamu merasa puas menikmati sajian yang tersedia di Restoran Grand Sumatera Hotel Surabaya. Kualitas pelayanan empathy meliputi: perhatian tamu merasa puas untuk menikmati sajian yang berada di Restoran tersebut. Kualitas pelayanan untuk reability meliputi kemampuan para pegawai dalam memberikan apa yang dibutuhkan oleh tamu, kemampuan pegawai dalam menyampaikan pelayanan jasa dan cara upaya pegawai dalam menangani masalah dan mengoptimalkan pelayanan menunjukkan tamu merasa terpenuhi sehingga para tamu puas untuk menikmati sajian makan dan minum di Restoran Grand Sumatera Hotel. Kualitas pelayanan untuk responsiveness meliputi kecepatan pegawai dalam memberikan pelayanan, kesiapan pegawai dalam membantu dan menangani keluhan tamu, hal itu menunjukkan para tamu merasa daya tanggap pegawai mayoritas baik, sehingga tamu merasa puas untuk menikmati sajian restoran tersebut. Berdasarkan pembahasan di atas menunjukkan bahwa pegawai harus meningkatkan kualitas pelayanan selama menjadi waiter, karena menurut tamu pelayanan pegawai pada restoran tersebut sudah baik dan terpenuhi. Akan tetapi tidak ada salahnya pihak hotel meningkatkan kualitas pelayanan yang dianggap masih kurang baik, seperti pelayanan waiter dalam menanggapi tentang menu makan, harga menu makanan, fasilitas restoran, kebersihan makanan dan minuman serta ruang lingkup restoran, kerapian, dan keseragaman karyawan hotel. Hal itu menunjukkan bahwa semua pegawai harus lebih ditingkatkan kinerjanya.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW.50/17 Feb p
Uncontrolled Keywords: pelayanan, waiter, hotel, management
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
ENGGAR FEBRIANTO, 071102062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Emma Suriani, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Nov 2017 23:37
Last Modified: 15 Nov 2017 23:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/66745
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item