EVIE BUDIANTI, 071211633031
(2017)
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LIBRARY OLEH MAHASISWA PADA
PERPUSTAKAAN STIESIA.
LIBRI-NET, 6 (2).
pp. 15-16.
Abstract
Mahasiswa sebagai pengguna perpustakaan yang selalu mengikuti perkembangan teknologi
membutuhkan program yang dinilai efektif dalam memenuhi kebutuhannya di perpustakaan. Mahasiswa
membutuhkan sarana yang dapat diakses dengan cepat untuk menemukan referensi yang dibutuhkan. ELibrary
merupakan salah satu program layanan berbasis teknologi yang disediakan oleh perpustakaan
untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Program e-library dinilai efektif apabila program dianggap
berhasil memenuhi kebutuhan pengguna. Penelitian ini berfokus pada penggunaan e-library oleh
mahasiswa dengan tujuan mengetahui efektifitas penggunaan e-library oleh mahasiswa pada
perpustakaan. Penelitian ini dilakukan pada 80 mahasiswa aktif pengguna e-library di perpustakaan
STIESIA dengan metode purposive sampling. Pengukuran efektifitas penggunaan e-library diukur
berdasarkan empat aspek efektifitas, yaitu need, object, input, dan activities yang dinilai berdasarkan
penilaian pengguna. Teknik pengolahan data menggunakan SPSS ver 2.0 dengan hasil berupa tabel
frekuensi dan tabel skor. Tabel skor digunakan untuk menunjukkan level kategori efektivitas penggunaan
e-library oleh mahasisiwa dengan kategori efektif dan tidak efektif. Hasil penelitian ini dapat diketahui
berdasarkan keempat aspek efektifitas, yaitu nilai rata-rata skor need sebesar 2,9; object dengan skor
2,8, skor rata-rata input sebesar 3,0; dan activities dengan skor rata-rata 2,8. Berdasarkan hasil
tersebut, dapat diketahui bahwa penggunaan e-library oleh mahasiswa pada perpustakaan STIESIA
dinilai efektif.
Actions (login required)
|
View Item |