PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK TK (Studi Deskriptif Tentang Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak TK Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo)

NITA ANGGRAINI, 071211631097 (2017) PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA ANAK TK (Studi Deskriptif Tentang Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Minat Baca Anak TK Di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.29 17 Ang p.pdf

Download (507kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.29 17 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 4 December 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan minat baca bangsa ini adalah masalah bersama. Dilihat dari kondisi saat ini minat baca di Indonesia sungguh memprihatikan bila dibandingkan dengan negara-negara lain. Untuk menumbuhkan minat baca dalam waktu singkat sangat sulit, maka diperlukan konsentrasi dalam menumbuhkan minat baca yang tertuju pada anak usia dini. Menumbuhkan kesadaran dalam pentingnya minat baca anak diperlukan kerjasama antar anggota keluarga sebagai agen sosialisasi primer. Ibu sebagai figure terdekat dengan anak, sangat berpotensi untuk meningkatkan minat baca anak. Selain itu peran keluarga juga dibutuhkan untuk meningkatkan minat baca anak. Fakta-fakta bahwa kegiatan membaca juga kegiatan utama dalam pendidikan. Untuk menumbuhkan minat baca anak bisa dimulai sejak usia dini agar anak merasa tertarik dan memilki niat membaca karena penanaman budaya baca akan lebih sulit bila diterapkan pada anak sudah dewasa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif, lokasi penelitian ini yaitu di Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampel dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan minat baca anak TK tergolong baik jika dilihat dari peran orang tua sebagai modeling, mentoring, organizing, teaching, dan strategi orang tua dalam meningkatkan minat baca anak. Sesuai dengan data yang ada dilapangan bahwa peran orang tua tergolong baik jika dilihat dari berbagai criteria-kriteria sesuai dengan indikatornya. Peran orang tua dalam meningkatkan minat baca anak lebih cenderung dalam kegiatan membaca bahan bacaan yang berkaitan dengan bahan bacaan anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK Fis.IIP.29/17 Ang p
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Minat Baca Anak, Peran Orang Tua
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > HQ1-2044 The Family. Marriage. Women > HQ503-1064 The family. Marriage. Home > HQ755.7-759.92 Parents. Parenthood
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NITA ANGGRAINI, 071211631097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHelmy Prasetyo Yuwinanto, S.Sos., M.KP.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Dec 2017 22:54
Last Modified: 03 Dec 2017 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67288
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item