VANESIA AURORA, 071511623014 (2017) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN PENGGUNA (USER EDUCATION) PERPUSTAKAAN PADA KALANGAN MAHASISWA BARU UNIVERSITAS AIRLANGGA ANGKATAN 2016/2017. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.49 17 Aur e.pdf Download (142kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.49 17 Aur e.pdf Restricted to Registered users only until 6 December 2020. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Mahasiswa baru merupakan mahasiswa tahun pertama yang menempuh pendidikan di perguruan tinggi sehingga membutuhkan adanya penyesuaian untuk mengenal lingkungan mereka yang baru, termasuk salah satunya adalah mengenal perpustakaan. Kesulitan yang dialami mahasiswa baru dalam menggunakan perpustakaan biasanya ditandai dengan munculnya kecemasan saat berada di perpustakaan, disebabkan oleh mahasiswa baru yang tidak mengenal perpustakaan dan kurangnya kemampuan dalam memanfaatkan perpustakaan, sehingga dibutuhkan adanya program dari perpustakaan perguruan tinggi untuk mengenalkan perpustakaan kepada mahasiswa baru yaitu dapat dengan program pendidikan pengguna. Dengan permasalahan mahasiswa baru diataslah yang menjadi perhatian peneliti untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan faktor-faktor yang dapat meningkatkan efektivitas program tersebut. Peneliti menggunakan teori Kirkpatrick untuk mengetahui efektivitas pendidikan pengguna dan hasil penelitian Abah, Chorun, dan Mbatsoron untuk mengetahui faktor yang dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan lokasi penelitian ini di Universitas Airlangga. Metode pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa efektivitas pendidikan pengguna di Perpustakaan Universitas Airlangga tergolong dalam kategori tinggi atau dapat dikatakan bahwa program berjalan efektif. Reaction, memperoleh hasil total rata-rata 3,69, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru menerima dengan baik program; Learning, memperoleh hasil total rata-rata 3,88, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru dapat memahami apa saja yang telah diberikan saat program dan mengubah sikap mereka sebagai hasil menghadiri program; Behavior, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup menerapkan apa-apa saja yang mereka pelajari sebagai hasil menghadiri program; Results, memperoleh hasil total rata-rata 3,42, yang menunjukkan bahwa mahasiswa baru telah cukup memperoleh hasil akhir yang baik dari mengikuti program. Untuk faktor-faktor pendukung disini yaitu alokasi waktu, kesadaran peserta, dan minat peserta, menunjukkan bahwa ketiganya memiliki hubungan dengan efektivitas program, sehingga dikatakan dapat meningkatkan efektivitas pendidikan pengguna perpustakaan.
Actions (login required)
View Item |