PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA SURABAYA

Sifaul Qolbia, 071211133045 (2016) PENERAPAN PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN DAERAH PASAR SURYA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis AN 16-17 Qol p Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis AN 16-17 Qol p Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan prinsip serta peran antar tiga pilar Good Corporate Governance (GCG) pada pengelolaan PD Pasar Surya Surabaya sesuai dengan pedoman pokok Komite Nasional Kebijakan Governance (KNKG). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Penentuan informan dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi data. Selanjutnya teknik analisis data yaitu dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan prinsip GCG di PD Pasar Surya ini tidak optimal. Dari kelima prinsip Good Corporate Governance yang telah diterapkan oleh PD Pasar Surya, terdapat dua prinsip yang telah dilaksanakan cukup optimal yakni prinsip transparansi dan kesetaraan dan kewajaran, sedangkan prinsip akuntabilitas, responsibilitas, dan kemandirian tidak diterapkan dengan optimal. Tidak optimalnya penerapan prinsip GCG ini disebabkan oleh rendahnya komitmen dalam penerapan tata kelola perusahaan yang baik dan kurang berperannya Pemerintah Kota Surabaya dan pedagang dalam mendukung penciptaan situasi kondusif untuk melaksanakan GCG di PD Pasar Surya Surabaya, sehingga berdampak pada buruknya kinerja pelayanan PD Pasar Surya dan rendahnya sumbangan dividen kepada Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.AN.16/17 Qol p
Uncontrolled Keywords: Good Corporate Governance, Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, Kesetaraan dan Kewajaran
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD5701-6000.9 Labor market. Labor supply. Labor demand
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Negara
Creators:
CreatorsNIM
Sifaul Qolbia, 071211133045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAntun Mardiyanta, Dr. , Drs., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 22 Jan 2018 16:55
Last Modified: 22 Jan 2018 16:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67567
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item