PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE TERHADAP BRAND LOYALTY TAMU HOTEL SELECTA KOTA BATU

Muhammad Iqbal Hambali, 071514853016 (2017) PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN ONLINE TERHADAP BRAND LOYALTY TAMU HOTEL SELECTA KOTA BATU. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (full text)
ful text.pdf
Restricted to Registered users only until 12 December 2020.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (jurnal)
jurnal.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang persepsi tamu hotel terhadap kinerja komunikasi pemasaran online melalui website Hotel Selecta dan pengaruhnya terhadap brand loyalty Hotel Selecta Kota Batu. Persaingan yang semakin kompetitif antara usaha jasa perhotelan di Kota Batu membuat setiap hotel harus memiliki strategi komunikasi pemasaran yang tepat untuk meraih pelanggan dan juga mempertahankan brand loyalty hotel. Salah satu strategi komunikasi pemasaran dan menjadi fokus dalam penelitian ini adalah komunikasi pemasaran online. Komunikasi pemasaran online merupakan strategi yang lebih efektif dari strategi komunikasi pemasaran lainnya karena strategi ini dapat menghemat baik dari segi biaya dan tenaga yang dikeluarkan oleh perusahaan serta dapat berintegrasi dengan strategi komunikasi pemasaran lainnya. Media komunikasi pemasaran online yang digunakan pada penelitian ini adalah website. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh komunikasi pemasaran online melalui website yang dilakukan oleh manajemen Hotel Selecta terhadap brand loyalty tamu Hotel tersebut. Populasi pada penelitian ini adalah tamu hotel yang kembali menginap di Hotel Selecta. Sampel penelitian berjumlah 100 responden. Peneliti menggunakan metode survei dengan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan dua variabel yakni variabel website (Variabel X) dan brand loyalty (Variabel Y). Data yang diperoleh melalui kuesioner disajikan dalam bentuk tabel distribusi frekuensi prosentase. Peneliti menggunakan tabel silang untuk menggambarkan karakteristik responden yang memiliki persepsi positif terhadap komunikasi pemasaran online Hotel Selecta dan responden yang memiliki brand loyalty terhadap Hotel Selecta. Uji statistik menggunakan analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi untuk mengetahui tingkat pengaruh variabel website (X) terhadap variabel brand loyalty (Y). Adapun pengujian hipotesis menggunakan korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara variabel website (X) terhadap brand loyalty (Y) berada pada tingkat hubungan yang kuat dan positif dengan hasil perhitungan koefisien korelasi (R) = 0,699 dan nilai signifikansi (sig.) = 0,000. Adapun nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,484 yang menunjukkan kontribusi pengaruh variabel website (X) terhadap variabel brand loyalty (Y) sebesar 48,4% sedangkan 51,6% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 13/17 Ham p
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran Online, Website, Brand Loyalty, Tamu Hotel
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE1-9990 Transportation and communications
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Media dan Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Muhammad Iqbal Hambali, 071514853016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSanti Isnaini, Dr. S.Sos., MMUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Dec 2017 21:58
Last Modified: 11 Dec 2017 21:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67739
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item