ANITA LISDIANI MAHULAE, 041113367 (2013) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN VALUE BASED MANAGEMENT (STUDI KASUS: PERUSAHAAN KOMPAS 100 TAHUN 2010-2012). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-mahulaeani-28541-5.abstr-k.pdf Download (95kB) |
|
Text (FULLTEXT)
ANITA LISDIANI MAHULAE.pdf Restricted to Registered users only Download (990kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menguji hubungan pengungkapan Corporate Social Responsibility bagi seluruh stakeholder perusahaan terhadap pencapaian Value Based Management, dengan jenis industri perusahaan sebagai variabel moderasi. Pencapaian Value Based Management dicerminkan dengan variabel Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Pengungkapan CSR dibuat dalam bentuk indeks, dan jenis industri perusahaan dimasukkan dalam persamaan model sebagai variabel dummy, 1 untuk industri high profile, dan 0 untuk industri low profile. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan akan pengungkapan informasi oleh perusahaan, kini perusahaan bukan hanya dituntut untuk mengungkapkan dan bertanggung jawab pada aspek ekonomi semata tetapi juga bertanggung jawab pada aspek sosial dan lingkungan. Hal ini juga diperkuat dalam Undang-undang tahun 2007 tentang Penanaman Modal dan Perseroan Terbatas. Melalui pengungkapan Corporate Social Resposibility (CSR) yang dituang dalam laporan tahunan perusahaan, diharapkan perusahaan dapat mengungkapkan aktivitasnya untuk menambah dan memperbaiki reputasi dimata masyarakat dan pemegang kepentingan lainnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kuantitatif dengan uji hipotesis melalui moderated regression linear. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan tahunan perusahaan yang membentuk indeks Kompas 100 berturut-turut selama periode 2010-2012. Sampel penelitian sebanyak132 perusahaan, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility memiliki pengaruh positif tidak signifikan terhadap EVA dan pengaruh negatif tidak signifikan terhadap MVA. Hal ini dapat terjadi karena pengungkapan CSR pada perusahaan belum maksimal, hanya dianggap sebagai kewajiban memenuhi peraturan. Pengujian lainnya juga menunjukkan bahwa ternyata perbedaan jenis industri tidak terbukti secara signifikan sebagai variabel moderasi hubungan antara Corporate Social Responsibility dengan EVA dan MVA. Hal ini diindikasikan Corporate Social Responsibility tidak tergantung pada jenis industri baik high profile maupun low profile, karena pada dasarnya setiap perusahaan sama-sama memiliki tanggung jawab sosial.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK - 2 A. 230 / 13 Mah c | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CUSTOMER SERVICES; CUSTOMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Tatik Poedjijarti | ||||||
Date Deposited: | 03 Dec 2013 12:00 | ||||||
Last Modified: | 26 Jul 2016 04:00 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6779 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |