Representasi Gaya Hidup Perempuan Yang Menggunakan Preloved Fashion di Instagram

Arfista Nurbaiti Meydirani, 071211533027 (2016) Representasi Gaya Hidup Perempuan Yang Menggunakan Preloved Fashion di Instagram. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Fis K 18-17 Mey r Abstrak.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
Fis K 18-17 Mey r Sec.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi gaya hidup perempuan yang menggunakan preloved fashion di Instagram. Signifikansi penelitian ini terletak pada gaya hidup perempuan yang menggunakan preloved fashion. Penelitian ini menjadi menarik untuk dikaji, karena saat ini preloved fashion tidak hanya sebagai transaksi jual beli fashion saja, namun telah menjadi gaya hidup utamanya bagi seorang perempuan. Peneliti memberikan batasan bahwa item preloved yang digunakan yaitu baju, tas, dan sepatu. Melalui penelitian ini peneliti ingin mendeskripsikan representasi gaya hidup perempuan yang menggunakan preloved fashion di Instagram. Penelitian ini menggunakan metode semiotik milik C.S Pierce yang berfokus melihat hubungan antara ikon, indeks, dan simbol. Tandatanda yang meliputi ikon, indeks, dan simbol dianalisis melalui cara berpakaian, tata rias, dan tata rambut juga yang dimiliki oleh perempuan. Untuk mengetahui gaya hidup perempuan yang menggunakan preloved fashion itu sendiri, peneliti menganalisis berbagai macam tanda yang terdapat pada akun Instagram. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti, ditemukan bahwa gaya hidup perempuan yang menggunakan preloved fashion berkaitan dengan identitas kelas sosial atas, cenderung memiliki kepribadian yang narsistik, serta identitas perempuan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 Fis.K.18/17 Mey r
Uncontrolled Keywords: Representasi, gaya hidup perempuan, preloved fashion,Instagram
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Arfista Nurbaiti Meydirani, 071211533027UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKandi Aryani Suwito, S.Sos., MAUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 25 Jan 2018 17:00
Last Modified: 25 Jan 2018 17:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/67843
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item