FITRI ROFIYARTI, 071414553001 (2017) SCALING-UP SOUTHERN NGOs: MOTIVASI TRANSNASIONALISASI YAYASAN CINTA ANAK BANGSA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (82kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 18 December 2020. Download (1MB) |
Abstract
YCAB Foundation merupakan NGO asal Indonesia yang berhasil melakukan scaling-up, keluar dari nature-nya sebagai SNGO yang memiliki kecenderungan untuk beroperasi secara terbatas pada wilayah domestik. Latar belakang dilakukannya transnasionalisasi pada YCAB Foundation sebagai representasi dari SNGO tersebut kemudian menjadi menarik jika dikaitkan dengan karakteristik SNGO yang secara geografis sudah berada pada titik-titik permasalahan dan keterbatasan secara finansial yang tidak memungkinkan untuk melakukan scalingup, berbanding terbalik dengan NNGO yang memang harus bertransnasionalisasi. Dari interview dan studi literatur yang dilakukan, penulis melihat tiga driving forces yang mendorong YCAB Foundation dalam melakukan scaling-up. Faktor pendorong tersebut meliputi (1) agenda South-South Transfer (2) bargaining power NGO, dan (3) lingkungan kompetitif NGO. Motivasi pertama bersifat normatif sesuai dengan nature dari YCAB Foundation sebagai organisasi non-profit sementara motivasi kedua dan ketiga cenderung bersifat pragmatis karena didasarkan pada motif-motif ekonomi. Gejala lain yang terekam dari transnasionalisasi YCAB Foundation adalah kuatnya hubungan antara SNGO dan korporasi yang dapat menyebabkan kecenderungan pada dua hal yaitu pertaruhan idealisme NGO dan perubahan NGO menjadi firm-like organization. Pada kasus YCAB Foundation, kecenderungan pertama belum terbukti sementara kecenderungan kedua terjadi dengan berubahnya YCAB Foundation dari pure NGO menjadi social entreprise. Dengan demikian, argumen penulis bahwa faktor normatif tidak hanya menjadi satu-satunya faktor pendorong melainkan terdapat dorongan dari faktor ekonomi terkonfirmasi dalam penelitian ini. Untuk penelitian selanjutnya dapat dikaji lebih mendalam mengenai hubungan antar NGOs di Indonesia terutama kompetisi yang terjadi maupun hubungan yang bersifat kooperatif. Kuatnya relasi antara NGO-korporasi dan implikasi yang terjadi juga akan menjadi tema yang menarik untuk dikaji karena pada penelitian ini masih dijelaskan dengan sangat terbatas
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 THI 07/17 Rof s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | motivasi, scaling-up, SNGO, YCAB Foundation | ||||||
Subjects: | J Political Science > JZ International relations | ||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 17 Dec 2017 21:49 | ||||||
Last Modified: | 17 Dec 2017 21:49 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68288 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |