CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI ALAT BAGI PERUSAHAAN MULTINASIONAL MENGHADAPI RESISTENSI MASYARAKAT LOKAL: KASUS PERUSAHAAN SANTOS DENGAN MASYARAKAT LOKAL MADURA

FRANKY NUR DWI PRATAMA, 071514553005 (2017) CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY SEBAGAI ALAT BAGI PERUSAHAAN MULTINASIONAL MENGHADAPI RESISTENSI MASYARAKAT LOKAL: KASUS PERUSAHAAN SANTOS DENGAN MASYARAKAT LOKAL MADURA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (97kB) | Preview
[img] Text (full text)
full text.pdf
Restricted to Registered users only until 18 December 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana strategi pendekatan yang dilakukan oleh perusahaan Santos kepada masyarakat lokal Madura yang memiliki sisi ekonomi, politik dan budaya yang unik. Dalam sejarah operasinya, perusahaan Santos banyak mendapatkan aksi resistensi dari masyarakat lokal Madura. CSR yang mengandung tiga aspek yakni profit, people dan planet, menjadi salah satu bentuk interaksi perusahaan Santos kepada masyarakat lokal. Berdasarkan dari hasil data lapangan, perusahaan Santos telah mengintegrasikan antara program CSR dengan konteks lokal Madura baik dari sisi ekonomi, politik dan budaya. Hal inilah yang kemudian menjadikan Santos berhasil meraih social license to operate dari masyarakat lokal Madura. Selain itu, perusahaan Santos juga telah bekerja sama dengan LSM lokal, masyarakat lokal dan pemerintah daerah untuk melakukan musyawarah dengan tujuan memutuskan bentuk program CSR secara bersama. Adapun pada isu resistensi dari masyarakat lokal, program CSR yang bersifat voluntary juga telah menjadi solusi dalam meminimalisir adanya resistensi dari masyarakat lokal Madura.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 THI 08/17 Pra c
Uncontrolled Keywords: Globalisasi, perusahaan minyak Santos, corporate social responsibility, masyarakat lokal Madura
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
FRANKY NUR DWI PRATAMA, 071514553005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM.Muttaqien, S.IP.,MA.,Ph.DUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Dec 2017 21:53
Last Modified: 17 Dec 2017 21:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/68289
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item